KETUA MPR : INDONESIA DAN KORSEL AKAN TINGKATKAN HUBUNGAN BILATERAL

MPR Speaker Zulkifli Hasan
MPR Speaker Zulkifli Hasan

Seoul 11 ​​Muharram 1437/24 Oktober 2015 (MINA) – Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Jumat, menyatakan dirinya akan melakukan upaya untuk memperluas kerjasama bilateral di berbagai sektor, termasuk infrastruktur sosial dan budaya, antara Seoul dan Jakarta dengan lingkungan yang ramah untuk dunia usaha bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan.

“Indonesia telah mengadakan empat pemilihan presiden yang damai dan aman hingga sejauh ini. Masyarakat kita telah cukup mantap bagi kalangan usaha Korea Selatan untuk melakukan investasi,” katanya, dalam wawancara dengan Yonhap News Agency.

Zukifli mengunjungi Seoul atas undangan rekan setimpalannya dari Korea Selatan, Chung-Nya Ui-hwa untuk membahas berbagai cara mempromosikan kerjasama politik dan ekonomi, Mi’raj Islam News Agency (MINA) mengutip Yonhap News Agency melaporkan.

Dikatanya kerjasama bilateral antara kedua negara sebagian besar difokuskan pada sektor energi, sehubungan Indonesia memiliki kekuatan di sektor ini.

“Mulai sekarang kita akan melaksanakan proyek bersama di beberapa sektor, seperti penegakan hukum dan administrasi, dan prasarana sosial, termasuk pelabuhan laut dan galangan kapal,” kata politisi PAN itu.

Volume perdagangan antara Korea Selatan dan Indonesia mencapai 23,6 miliar dolar AS tahun lalu, naik dari 200 juta dolar pada 1973 ketika kedua Negara memulai hubungan diplomatik.

Ia mengharapkan perjanjian bebas visa baru-baru ini antara Seoul dan Jakarta akan memberikan kontribusi mempercepat pertukaran budaya.

“Saya sangat kenal dengan budaya Korea Selatan melalui mega hit ‘Gangnam Style,” ujarnya “Program bebas visa akan meningkatkan kerjasama bilateral dalam bidang budaya dan industri pariwisata antara kedua negara.”

Pada 2014, 208.000 warga Indonesia mengunjungi Korea Selatan, jumlah tertinggi kedua di kalangan negara Asia Tenggara, setelah Malaysia dengan 244.000 orang. (T/R07/R01)

Mi’raj Islam News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0