KETUA MPR: INDONESIA HARUS JADI PELOPOR DAN PUSAT PRODUK HALAL DUNIA

Ketua-MPR
Ketua-MPR
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan membuka acara Indonesia Internasional Halal Expo (INDHEX) 2014. (Foto: Rina/MINA)

Jakarta, 28 Dzulhijjah 1435/22 Oktober 2014 (MINA) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia harus jadi pelopor dan pusat dunia.

“Saya mengganggap acara ini sangat penting, sehingga saya harus hadir,” kata Zulkifli Hasan pada acara Indonesia International Halal Expo (INDHEX ) 2014 di gedung JIExpo (Jakarta Internasional Expo), Rabu siang.

“Dengan acara pameran produk halal ini dapat menunjukan kualitas sumber daya manusia, bangsa dan negara,” tambah Zulkifli.

Ia juga mengatakan, pada pameran tersebut akan mempertemukan produsen dan konsumen yang dimediasi oleh LPPOM .

“Halal tidak boleh dipisahkan dengan Thayyib (baik),” ujar Zulkifli.

Acara Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 merupakan program rutin tahunan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia () yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang halal. Program ini berisi berbagai macam kegiatan seperti pameran produk halal (Expo), seminar internasional (Global Halal Forum), Simposium, pelatihan, dan Halal Award.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin mengatakan, saat ini produk halal mulai banyak diminati oleh banyak orang dan mendorong perkembangan serta peradaban umat manusia sesuai dengan fitrahnya.

“Oleh sebab itu, Indonesia tidak boleh ragu-ragu untuk mengembangkan budaya Halal lagi Thayyib (baik), apalagi sudah didukung dengan disahkannya UU baru yaitu Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH),”Ujar Din Syamsyudin

Dalam rangkaian acara INDHEX 2014, sebagai penerapan gaya hidup halal di kehidupan sehari-hari lewat slogan ‘Halal is My Life’, LPPOM MUI akan menggelar Hijab Talent Search pada Sabtu (25/10/2014) mulai pukul 12:00 WIB. Kontes pencarian bakat bagi muslimah akan dimeriahkan dengan hiburan dan talkshow bersama para selebriti muslimah.

Pada INDHEX 2014 juga akan ada demo masak oleh chef profesional yang dihadiri anggota komunitas halal, mahasiswa, dan masyarakat umum. Selain itu, akan ada seminar tentang Sistem Jaminan Halal (SJH), titik kritis halal bahan baku, langkah mudah mendapat sertifikat halal, serta sertifikasi halal sebagai keunggulan produk.

Tujuannya adalah agar Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM) bisa bersaing di pasar dunia. Acara tersebut akan diselenggarakan pada 24 Oktober 2014 pukul 14:30 WIB dan dihadiri pembicara dari ahli kuliner dan auditor LPPOM MUI.

Sementara Pameran Produk Halal dihadiri 150 stand perusahaan halal dalam dan luar negeri. Di ajang ini, para pelaku usaha produk halal akan bertemu dan peritel dapat bertransaksi dengan konsumen.  (L/P010/P002/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0