Ketua MPR Zulkifli Hasan Biasa Baca Al-Quran Dua Juz Perhari

Jakarta, 1 Shafar 1438/1 November 2016 (MINA) — Komunitas pembaca Al-Quran satu juz per hari, One Day One Juz () akan menggelar Olimpiade Pecinta Al-Quran (OPQ) di Kota Bekasi, Jawa Barat pada 5 sampai 13 Nopember mendatang.

Perhelatan akbar yang akan mendatangkan para ulama dari lima benua itu akan dihadiri lebih dari 150 ribu anggota yang akan serentak membaca Al-Quran bersama-sama.

Menjelang kegiatan, panitia terus melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh. Di antaranya Zulkilfi Hasan yang menyatakan kesiapannya menghadiri event tersebut. Pria kelahiran Lampung 17 Mei 1962 itu juga bercerita bahwa dirinya terbiasa membaca Kitab Suci Al-Quran hingga dua juz per hari.

“Kalau sedang macet saya bisa ngaji sehari dua juz,” ujar pria yang dilantik sebagai Ketua MPR pada 8 Oktober 2014 tersebut, demikian laporan Bimas Islam Kemenag yang dikutip MINA, Selasa.

Tokoh yang meresmikan Peluncuran dan Kuliah Perdana Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud Online (SQABM) di Kompleks Pesantren Shuffah Hizbullah Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, 19 November 2013, menambahkan, kemajuan tenologi informasi saat ini telah memudahkan masyarakat untuk tetap bisa membaca Kitab Suci meski tengah dalam perjalanan.

“Sekarang serba mudah, (membaca Al-Quran) pun bisa lewat handphone,” katanya.

Ketua Pelaksana OPQ, Bakat Setiaji mengatakan, selain dengan Ketua MPR, pihaknya terus maraton melakukan audiensi dengan para tokoh jelang perhelatan tersebut. Di antaranya dengan Menkopolhukam Wiranto, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Walikota Bekasi Achmad Syaikhu, dan lailn-lain.

Alhamdulillah, semua tokoh mendukung event ini, bahkan mengonfirmasi untuk hadir. Kami berharap acara ini dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk kembali rajin mengaji seperti anjuran Kementerian Agama,” ujar Bakat.

Kegiatan OPQ yang berlangsung selama sembilan hari itu akan diisi dengan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Tafsir Quran (TQ), seminar, pameran sebagainya. Selain itu panitia juga akan menggelar pre event dengan mengadakan lomba jingle dan mascot OPQ yang terbuka untuk masyarakat umum.

Untuk diketahui, One Day One Juz adalah komunitas pembaca al-Qur’an satu juz per hari yang dideklarasikan pada 4 Mei 2014 di Masjid Istiqlal oleh Wakil Menteri Agama saat itu, Nasaruddin Umar yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat komunitas tersebut.

Perkumpulan yang sudah berbadan hukum itu meraih jumlah anggota lebih dari 120 ribu orang di seluruh Indonesia dan sejumlah negara, serta sudah meraih dua rekor MURI sekaligus. Atas capaiannya tersebut, Republika menganugerahkan Tokoh Perubahan 2014 pada Bayu Subrata, pendiri komunitas one day one juz. (T/R05/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.