Ketua Muhammadiyah: Prof Malik Fadjar Seorang Pejuang Pendidikan

Jakarta, MINA – Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengungkapkan Prof Malik Fadjar adalah seorang pejuang pendidikan yang dikenal gigih, tidak pernah mengenal lelah dan selalu optimistik.

“Berkat ketekunannya dia bisa membuat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi salah satu universitas swasta terkenal di negeri ini yang tidak hanya megah dan indah, tapi juga maju dan modern,” kata Anwar dalam keterangan tertulis, Senin (7/9).

UMM merupakan salah satu universitas dan perguruan tinggi unggulan di lingkungan muhammadiyah dan menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan di negeri ini.

“Diangkatnya beliau menjadi Menteri Agama kemudian menjadi Menteri Pendidikan, saya rasa tentu tidak terlepas kaitannya dengan keberhasilan beliau di dalam memajukan kampus yang beliau pimpin di samping kiprah beliau di organisasi muhammadiyah yang telah banyak melahirkan kader-kader¬† muda yang tangguh dan handal,” imbuh Anwar.

Prof. Dr. Muhadjir Effendi yang sekarang Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan adalah salah seorang kader dan anak didiknya.

Menurut Anwar, dengan kepergian Prof Malik, warga Muhammadiyah tentu saja akan merasakan kehilangan, karena selama ini telah menjadi pemberi inspirasi bagi generasi di bawahnya dan tempat untuk bertanya agar juga bisa berbuat serupa dengan yang telah ia lakukan.

“Saya berani berkata bahwa sebagian besar dari pendiri dan pengelola perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah adalah banyak terinspirasi oleh karya agung dari beliau berupa Universitas Muhammadiyah Malang yang beliau tinggalkan,” ujarnya.

“Semoga semua amal ibadah yang beliau lakukan menjadi pahala bagi beliau, sehingga akan dapat menolong beliau ketika berada di depan pengadilan Tuhan nanti di hari akhir. Amin,” ungkap Anwar. (R/R4/RI-1)

Mi’raj News Agency MINA