Ketua Presidium AWG Terima Kunjungan Presiden Palestinian Cultural Organization Malaysia

(Foto: Istimewa)

Cileungsi, Bogor – Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG) M. Ansorullah menerima kunjungan delegasi yang dipimpin Presiden Palestinian Cultural Organization Malaysia (PCOM), Muslim Imran, pada Sabtu (20/11) di Suffah Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor.

Kunjungan Muslim Imran bersama empat orang delegasi termasuk dua aktivis Palestina lainnya dari Hebron dan Gaza, bertujuan untuk silaturahim dan menyampaikan undangan konferensi internasional soal koalisi global untuk pembebasan Al-Aqsa dan Palestina yang akan diselenggarakan awal Desember tahun ini di Istanbul, Turki.

“Konferensi internasional yang keduabelas kali ini akan dihadiri sekitar 400 NGO kepalestinaan seluruh dunia. Saya mengharapkan delegasi AWG untuk hadir dan berpartisipasi aktif dalam agenda ini,” kata Muslim.

Dia juga menyampaikan perkembangan situasi terkini di Palestina. Menurutnya, Indonesia mempunyai peranan sangat penting bagi perjuangan rakyat dan bangsa Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

“Indonesia mempunyai peranan sangat penting bagi Palestina, karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, negara perjuangan, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan merupakan pusat dari kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah serta rakyat Indonesia termasuk kelompok-kelompok masyarakat sipil peduli Palestina seperti AWG dapat terus berperan dan memberikan dukungan bagi Palestina secara keseluruhan, baik kepada warga di Tepi Barat maupun Jalur Gaza.

Muslim juga sangat mengapresiasi atas program dan kegiatan yang dilaksanakan AWG, tidak saja menjalankan program penggalangan dana namun melaksanakan program sosialisasi dan peningkatan kesadaran terhadap perjuangan Al-Aqsa dan Palestina.

“Kegiatan advokasi dan awarness untuk generasi muda sangat penting untuk dapat meneruskan estafet perjuangan pembebasan Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina di masa kini dan akan datang,” pungkasnya.

Ketua Presidium AWG Ansorullah menyambut baik undangan yang disampaikan delegasi PCOM. Dia menyampaikan dukungan dan komitmen untuk terus membela kepentingan Palestina hingga meraih kemerdekaannya dan pembebasan Masjid Al-Aqsa atas penjajah Israel.

Pada bulan ini, lanjut Anshorullah, AWG menggelar Pekan Solidaritas Palestina Internasional pada 22-29 November 2021 yang merupakan acara tahunan dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

“Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsa dan Palestina,” selain Gowes Al-Aqsa, dan pengibaran bendera Palestina di lima puncak gunung, AWG juga akan menggelar peluncuran buku “Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam”, pameran foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, Roadshow Film Palestina,” jelasnya.

Selain itu, sebagai puncak agenda Pekanbaru Solidaritas Palestina 2021, lanjut Anshorullah, AWG juga menggelar Sarasehan temu para tokoh dan NGO kepalestinaan di Indonesia memperingati Hari Solidaritas Internasional Palestina pada 29 November mendatang di Aula Buya Hamka Masjid Agung Al Azhar Jakarta.

Hadir pimpinan AWG, selain Ketua Presidium AWG, Sekjen AWG Subhan Amier Chaf dan pengurus pusat M Ridwan, Rana Setiawan, dan Farrah Ulya. Sementara dari PCOM selain Muslim Imran, yakni Khaled Ameer, Abdul Karim, Heriyanto, dan Farid.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara Jakarta pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008 di Jakarta.(L/R8/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.