Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua UAR: Terus Tingkatkan Kapasitas, Siap Siaga Hadapi Bencana

kurnia - Ahad, 19 Mei 2024 - 13:43 WIB

Ahad, 19 Mei 2024 - 13:43 WIB

4 Views ㅤ

Bogor, MINA – Ketua Yayasan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Endang Sudrajat memberi pesan kepada para relawan agar terus meningkatkan kapasitas dan siap menghadapi segela potensi bencana kapan saja.

UAR Korwil Jawa Tengah Selatan (JTS) mengadakan pelatihan di Yogyakarta baru-baru ini untuk meningkatkan kemampuan menghadapi bencana alam yang mungkin saja terjadi di Indonesia.

“Semoga dapat meningkatkan kapasitas personil dan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” kata Endang Sudrajat usai menerima laporan kegiatan tersebut, di Bogor, Ahad (19/5).

Dikatakannya, seluruh anggota UAR harus siap menghadapi beberapa ancaman bencana alam yang dapat terjadi di daerah masing-masing. Ancaman-ancaman ini dapat berupa bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah dan longsor.

Baca Juga: Kemenag: 1.562 Peserta Lulus Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Al Azhar Mesir 2024

“Untuk itu, seluruh anggota UAR harus melakukan kegiatan mitigasi kesiapsiagaan dan peningkatan kapasitas personil dengan melakukan pelatihan dibawah komando pengurus wilayah dan daerah,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan Kamis-Jumat (9-10/5), ini sangat penting meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi bencana alam. UAR dapat lebih efektif dalam memberikan bantuan dan mengurangi korban jiwa serta kerusakan sarana-sarana pelayanan umum.

“Para pengurus UAR harus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ancaman bencana alam dan pentingnya melakukan mitigasi, dapat mengurangi risiko bencana dan meminimalkan korban jiwa serta kerusakan,” pesannya.

Endang mengajak semua anggota UAR agar terus meningkatkan kemampuan diri sebagai petugas rescue di masyarakat. “Mari bersama-sama meningkatkan kemampuan kita dalam menghadapi bencana alam dan menjadi bagian dari upaya mitigasi untuk masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

“Kita harus selalu siap menghadapi ancaman bencana alam dan menjadi mitra yang efektif penanggulangan bencana di daerah masing-masing,” ujar Endang.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: KH Afifuddin Muhajir: Fatwa Dibutuhkan Sepanjang Zaman

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia