Ketua Umum MUI : Ummat Islam Rindukan Siaran TV Yang Ramah

Jakarta, akarta, 18 Ramadhan 1437/23 Juni 2016 (MINA) – Majelis Ulama Indonesia () menemukan sejumlah pelanggaran siaran selama melakukan pemantauan 15 televisi nasional selama bulan Ramadhan 1437 H.

Ketua Umum MUI KH Maruf Amin menyatakan bahwa adanya siaran televisi yang tidak sejalan dengan semangat menjaga kekhusyu’an dan peribadatan Ramadhan. Padahal umat Islam sangat rindu dengan tayangan televisi yang ramah.

Pelanggaran ini, mencakup busana pembawa acara, bintang tamu, dialog, akting, tema dan dialektika pengisi acara. Program televisi yang dinilai bermasalah seperti pesbuker Ramadhan (ANTV), OVJ Sahur Lagi (Trans 7), Ramadhan di Rumah Uya (Trans 7), On The Spot (Trans 7) dan mari kita Sahur (Trans TV), kata Maruf saat pemaparan Hasil Pantauan TV Ramadhan Oleh MUI bersama , di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Kamis (23/6).

“Kita akan menyerahkan laporan ini, ke komisi penyiaran Indonesia untuk ditindaklanjuti. pihaknya tidak punya wewenang untuk memberikan sanksi, sepenuhnya kita serahkan ke KPI berikut dengan argumentasi dan metodologi pemantauan yang kita gunakan,” tegas Maruf.

Pelanggaran yang ditemukan adalah OVJ Sahur Lagi penuh dengan candaan garing dan sindiran atas kekurangan fisik seseorang.

Ia menambahkan, padahal dilarang sesuai dengan pasal 15 pedoman perilaku siaran dan standar program siaran (P3SPS). Disebutkan dalam pasal tersebut, lembaga penyiaran tidak boleh menyajikan program yang menertawakan merendahkan dan menghina atau kelompok masyarakat.

“Kita berharap ada perubahan karena mashi ada waktu untuk memperbaiki siaran dibulan Ramadhan tahun ini”.

Kemudian dia mengungkapkan tim pemantauan juga menemukan adanya tampilan pria dengan busana kebaya dan sanggul di program “ Ramadhan di Rumah Uya” (RRU).

“”Ini sudah jelas pelanggaran sebab, berdasarkan Surat Edaran KPI, pria dilarang tampil dengan gaya dan busana wanita. Pelanggaran tersebut ditemukan dalam program RRU edisi 13 Juni 2016”. (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.