Ketua Umum PP Muhammadiyah Jenguk Kyai Hasyim Muzadi di Rumah Sakit

Malang, 11 Rabi’ul Akhir 1438/10 Januari 2017 (MINA) – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menjenguk mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kyai Hasyim Muzadi, yang sedang dirawat di Rumah Sakit Lavalette, jalan WR Supratman, Kota Malang, Selasa (10/1).

“Keadaan beliau sudah membaik. Kita doakan semoga beliau memperoleh kesembuhan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata Haedar mengungkapkan kondisi terakhir Kyai Hasyim, demikian pwmu.co dikutip MINA melaporkan.

Sebelumnya, Hasyim dibawa ke rumah sakit karena kelelahan, Jum’at (6/1). Sebelum ke RS, Hasyim hanya istirahat di kediamannya di jalan Cengger Ayam, Kota Malang, yang juga lokasi Pondok Pesantren Al-Hikam yang dipimpinnya.

Dalam kunjungannya, Haedar mengungkapkan tiga pesan keummatan dan kebangsaan yang disampaikan Kyai Hasyim kepadanya. “Pesan pertama, beliau mendoakan Muhammadiyah tetap terus bergerak dan makin berhasil,” kata Haedar.

Pesan kedua, harapannya adalah agar Muhammadiyah dan tokoh-tokoh Islam lainnya terus peduli pada persoalan bangsa. “Beliau menyebutnya, ‘bangsa sedang dalam banyak masalah’,” ungkap Haedar menirukan ucapan Kyai Hasyim.

Pesan ketiga, kata Haedar, Kyai Hasyim mengharapkan para tokoh bangsa dan umat untuk terus merawat jiwa kepemimpinan. Bukan sekedar pemimpin, tapi juga yang mempunyai kualifikasi. “Memimpin dengan hati nurani, memimpin dengan hati.” (T/R06/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)