Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketum DDII Ingatkan Dakwah Kewajiban Umat Islam

kurnia Editor : Widi Kusnadi - Ahad, 1 September 2024 - 10:28 WIB

Ahad, 1 September 2024 - 10:28 WIB

17 Views ㅤ

Bekasi, MINA – Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Kabupaten Bekasi, KH Ahbab Akhfasy mengingatkan urgensi dakwah Islam yang merupakan kewajiban kaum Muslimin.

Sebagai peningkatan soliditas pengurus dan organisasi melakukan evaluasi. Maka pengurus Daerah DDII Kabupaten Bekasi mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) selama Sabtu-Ahad (31-1/9).

Rakor dihadiri jajaran pengurus daerah dan pengurus kecamatan Dewan Da’wah se-Kabupaten Bekasi.

KH Ahbab Akhfasy menyampaikan, urgensi dakwah Islam merupakan kewajiban bagi mereka yang mengaku muslim.

Baca Juga: Mabes Polri Kunjungi AWG, Perkuat Sinergi untuk Palestina

Kiai Ahbab mengatakan dalam ayat 125 Surat An Nahl “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik,”

“Ayat tersebut menjelaskan kepada kita semua untuk menjadi dai, harus dapat mengajak orang untuk berbuat baik,” ujar Kiai Ahbab.

Kiai Ahbab teringat pesan sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib. Disebutnya, kebenaran yang tidak terorganisir dengan baik akan dikalahkan dengan kebatilan yang terorganisir.

Dalam berorganisasi, lanjut Kiai Ahbab, setidaknya ada tiga langkah yang perlu dilakukan. “Pertama, ada perencanaan program kerja. Kedua, ada actionnya. Yang ketiga evaluasi, ini salah satu fungsi Rakor, evaluasi program kerja,” ungkap Kiai Ahbab.

Baca Juga: Alumni Taiwan Gelar Diskusi Dampak Hubungan Lintas Selat terhadap ASEAN dan Indonesia

Dikatakan Kiai Ahbab, meski Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi baru berusia 2,5 tahun namun sudah banyak program kerja yang dilakukan.

“Di-SK kan oleh provinsi itu tanggal 1 November 2021. Dan dilantik waktu itu oleh pengurus provinsi (Jawa Barat) pertengahan Desember 2021. Alhamdulillah sudah beberapa program kerja yang telah kita laksanakan,” kata Kiai Ahbab.

Ketua Dewan Syura Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi Laksamana Pertama Ikhwan Syahtaria turut hadir pada kegiatan Rakor. Ikhwan Syahtaria berkesempatan memberikan sambutan.

Ikhwan Syahtaria mengatakan sebagai organisasi yang resmi terdaftar di Kesbangpol, Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi diharapkan dapat berperan melakukan dakwah Islam lebih optimal. “Dewan Da’wah memiliki peran penting. Sangat penting,” ujar Ikhwan Syahtaria.

Baca Juga: FKM-BP Lakukan Pra Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di Lima Kota

Dalam konteks kekinian, Ikhwan meminta agar Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi memperhatikan kaum milenial.

“Dalam dakwah kita saat ini, kewajiban kita ke para milenial. Anak kita, cucu, lingkungan keluarga kita,” kata Ikhwan Syahtaria.

Di akhir sambutannya, Ikhwan Syahtaria berharap Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi terus konsisten menggemakan dakwah Islam.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Menlu Retno Pamitan: Jangan Tinggalkan Palestina Sendirian

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Sosok
Tausiyah
Indonesia