Keutamaan Amaliyah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Oleh : Ali Farkhan Tsani,ย Redaktur Senior Kantor Berita MINA (Miโ€™raj News Agency)

Hari ini kita memasuki awal bulan Dzulhijjah (bulan ), bulan teakhir dari Kalender Hijriyah. Berkaitan dengan kehadiran bulan Dzulhijjah ini, sepuluh hari pertama memiliki kemuliaan lebih.

Ini seperti Allah sebutkan di dalam awal Surat al-Fajr:

ูˆูŽ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู* ูˆูŽู„ูŽูŠูŽุงู„ู ุนูŽุดู’ุฑู*

Artinya: โ€˜Demi fajar, dan demi malam yang sepuluh. (QS Al- Fajr : 1-2).

Ibnu Rajab menjelaskan, โ€œmalam yang sepuluhโ€ maksudnya adalah sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

Pada ayat kedua Surat Al-Fajr, Allah bersumpah dengan menyebut sepuluh hari pertama, bulan Dzulhijjah. Ini menunjukkan keutamaan sepuluh hari tersebut.

Jika semua makhluk yang Allah jadikan sebagai sumpah, maka itu adalah makhluk istimewa, yang menjadi bukti kebesaran dan keagungan Allah.

Seperti โ€œWal Ashriโ€ (demi masa), menunjukkan betapa pentingnya waktu. โ€œWadhdhuhaโ€ (demi waktu Dhuha), menunjukkan betapa pentingnya waktu Dhuha. โ€œWal Qolamiโ€ (dan demi pena), betapa pentingnya pena/alat tulis. Termasuk โ€œWal Fajriโ€ (demi waktu fajar).

Karena itulah, amal kebajikan yang dilakukan dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah menjadi amal yang sangat dicintai Allah. Melebihi amal shalih yang dilakukan di luar batas waktu itu.

Hal ini seperti disebutkan di dalam hadits dari Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhu, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญู ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุจูู‘ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู. ูŠูŽุนู’ู†ูู‰ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ุฌูุนู’ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุดูŽู‰ู’ุกู

Artinya: โ€œTidak ada hari di mana suatu amal shalih lebih dicintai Allah melebihi amal shalih yang dilakukan pada sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah).โ€ Para sahabat bertanya, โ€œWahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam menjawab, โ€œTermasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati syahid dan hartanya diambil musuh).โ€ย (HR Bukhari).

Beberapa amal kebaikan yang dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah di antaranya, memperbanyak puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijah, terutama Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang pahalanya dapat menghapus dosa dua tahun.

Sebagaimana disebutkan di dalam hadits:

ุตููŠูŽุงู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ ุฃูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ุฃูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู

Artinya: โ€œPuasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.โ€ (HR Muslim).

Amal lainnya yaitu memperbanyak melafadzkan kalimat takbir (Allahu Akbar), tahlil (laa ilaha illallah), tasbih (subhanallah), tahmid (Alhamdulillah), istighfar (astaghfirullah), membaca Al-Quran, berinfaq di jalan Allah, menolong sesama yang memerlukan, dan berdoโ€™a untuk kebaikan-kebaikan.

Amalan utama lainnya adalah Shalat Idul Adha (10 Dzulhijjah), berqurban (tanggal 10, 11, 12 hingga 13 Dzulhijjah), dan yang paling besar adalah menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi orang yang mampu menunaikannya. Ibadah haji inipun berlangsung pada bulan Dzulhijjah, di mana puncak ibadah haji, Wukuf di Padang Arafah, berlagsung pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Semoga kita dapat meningkatkan ibadah dan amal-amal shalih pada kesempatan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah tahun ini. Aamiin. (A/RS2/P2)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.