KEYSI, Inovasi Pakaian Olahraga Muslimah (Oleh: Sri Astuti, Wartawan MINA)

Olahraga merupakan salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam, banyak hadits Rasulullah yang mengisyaratkan tentang anjuran tersebut.

Rasulullah memandang, kekuatan fisik menjadi salah satu bagian penting seperti pernah disabdakan, Muslim yang kuat lebih baik dari Muslim yang lemah.

Rasulullah sendiri merupakan pemanah dan memiliki tiga busur. Memanah pada  zaman Rasulullah merupakan kemahiran yang lazim dimiliki seorang Muslim.

Selain memanah, dalam beberapa hadits nabi SAW juga memerintahkan olahraga lainnya seperti berkuda, lari, berenang, gulat dan lainnya.

Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah,” sabda nabi dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Thahawi.

Sebagaimana yang juga dikatakan Khalifah Umar bin Al-Khattab “Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda”.

Dari banyaknya jenis olahraga yang ada, tentu kita bebas menentukan mana yang paling pas dan kita sukai. Namun, apapun pilihan olahraga nya, selagi yang kita lakukan memiliki banyak manfaat dan membawa dampak positif, tentu itu adalah hal yang baik dan dibolehkan dalam Islam. Jangan lupa pastikan ketika menjalani olahraga dengan niat lurus, aurat dan kehormatan kita tetap terjaga dan terpelihara.

Membahas tentang aurat, tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi Muslimah yang ingin olahraga. Saat berolahraga kita melakukan banyak gerakan dan tubuh pasti mengeluarkan cukup banyak keringat. Tentu tidak nyaman ketika harus memakai pakaian yang biasa dikenakan sehari-hari, sedangkan pakaian olahraga yang benar-benar syar’i bagi muslimah masih sulit ditemukan.

Hal itulah yang akhirnya mengilhami Mahasiswa IPB University Nadella Safitri dan keempat temannya Novianty fuji Astuti, Siti Wahdini Adhani, Alfurqan Nur Aziz dan Fadhilatul Munawwaroh untuk mengembangkan inovasi busana olahraga Muslimah melalui program kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Inovasi yang dirancang kelima mahasiswa tersebut berjudul “KEYSI (Keep Healthy Stay Syar’i): Inovasi Busana Olahraga Muslimah yang Aman, Nyaman, Stylish, dan Syar’i”.

KEYSI ini bermula dari kesulitan Nadella dan teman-temannya, sebagai penggagas ide busana olahraga muslimah dalam mencari baju olahraga yang syar’i.

“Jadi awal muncul ide kEYSI ini bermula dari kebingungan saya dan temen satu tim saya, kami biasa pakai baju syar’i sehari-hari sedangkan baju olahraga yg biasa kami temukan di pasaran masih banyak yang kurang syar’i, ketat dan membentuk tubuh,” ujar Ketua tim pengusul ide KEYSI, Nadella Safitri, kepada MINA.

Mereka berharap, dengan adanya KEYSI dapat membantu para perempuan muslimah lainnya yang ingin berolahraga dengan percaya diri dan tetap syar’i.

“Model busana yang kami rancang juga beragam. Ada yang dalam bentuk setelah gamis dengan hijab yang diperuntukkan bagi olahraga-olahraga ringan seperti jogging, lari, dll, ada juga atasan-bawahan untuk olahraga yang lebih aktif seperti bersepeda atau berkuda” tutur Nadella

KEYSI menggunakan bahan kaos yang mudah menyerap keringat sehingga nyaman saat digunakan berolahraga. Disainnya juga dibuat dengan aksen garis, sehingga meski berbentuk gamis tapi tetap terlihat seperti baju olahraga.

Belum dipasarkan dalam skala besar, penjualan busana KEYSI hingga saat ini telah menembus pasar Jabodetabek, Lampung dan Yogyakarta.

Nadella dan timnya mempromosikan KEYSI melalui sosial media seperti instagramnya @keysisport dan grup Whatsapp. Terkadang mereka juga menawarkannya secara langsung ke sekolah-sekolah Islam khusus perempuan atau kepada para wanita dan remaja muslimah lainnya.

Selain itu, promosi KEYSI akan digencarkan dengan melakukan endorsement produk dan juga mengikuti bazaar produk agar lebih dikenal oleh masyarakat.

“Harapannya dengan adanya KEYSI ini, bisa meningkatkan minat para muslimah untuk berolahraga dengan tetap merasa nyaman. Selain itu, semoga ada lagi inovasi-inovasi yang bisa mempermudah keseharian Muslimah dalam menunjang kegiatan sehari-harinya,” tutup Nadella.

Jadi, bagi Muslimah yang gemar berolahraga kini tak perlu khawatir lagi soal sulitnya mencari busana syar’i yang sesuai untuk dikenakan saat olahraga, KEYSI bisa menjadi salah satu pilihan agar tetap nyaman dan percaya diri saat berolahraga. (A/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)