KH ADNAN HARAHAP : RAMADHAN LATIH KEJUJURAN

Masjid Istiqal

Photo : Masjid Istiqal
Photo : Masjid Istiqal

, 2 Ramadhan 1435/30 Juni 2014 (MINA) – Ketua Takmir Masjid Istiqal Jakarta, KH. Adnan Harahap mengatakan, Ramadhan merupakan bulan dimana seorang muslim dilatih menjadi pribadi yang jujur.

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin diwajibkan berpuasa setiap hari dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari, kata Adnan Harahap, saat pemandu buka puasa di Masjid Istiqal Jakarta Pusat, Ahad (29/6).

Puasa hakikatnya merupakan ibadah yang sangat istimewa berbeda dengan ibadah-ibadah yang lain, ujar Adnan Harahap. Maka ibadah puasa hanya akan diketahui oleh dirinya sendiri yang bersangkutan dengan Allah, ujarnya.

“Puasa sangat efektif untuk meningkatkan ketakwaan dan mendidik seseorang menjadi pribadi yang jujur”, katanya.

“Sebagai umat Islam, kita dilatih jujur dan disiplin dalam berpuasa, hal itu bisa dilihat bahwa orang berpuasa akan tetapi tidak disiplin, demikian pula tidak ada orang berpuasa jika tidak jujur,” ungkapnya.

“Kemiskinan terjadi karena masyarakatnya malas, bodoh dan sistem yang membuat orang tidak jujur yang menumbukan sikap jujur yaitu dengan berpuasa, karena puasa itu adalah resep dari segala penyakit hati manusia”, jelasnya.

Dia menghimau, umat Islam agar mengaplikasikan nilai-nilai puasa bulan Ramadhan dengan berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Bulan suci bagi umat Islam dan peristiwa diturunkannya Al-Quran yang menjadi pedoman hidup manusia,

“Al-Quran mengatur seluruh aspek kehidupan kaum muslimin, bahkan baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, bahkan masalah kehidupan akhirat yang tidak terjangkau oleh ilmu pengetahuan manusia”(L/P012/Syt/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0