KH MA’RUF AMIN: KITA JAGA UMAT DARI PENYIMPANGAN

Ketua Umum MUI Pusat , KH Ma'ruf Amin (Foto: MUI)
Ketua Umum MUI Pusat , KH Ma’ruf Amin (Foto: MUI)

, 12 Dzulqa’dah 1436/27 Agustus 2015 (MINA) – Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin mengatakan, akan bertekad untuk bekerja sungguh-sungguh dalam memenuhi harapan peserta Munas yang mencerminkan keinginan ummat Islam sebagaimana tertuang dalam keputusan-keputusan Munas ke IX.

“Mudah-mudahan harapan bapak-bapak dapat kami jalankan dengan sebaik-baiknya,” kata kyai Ma’ruf di hadapan peserta Munas yang selama dua jam sebelumnya menunggu hasil rapat formatur untuk memilih dan menetapkan nama-nama pengurus MUI baru MUI di Hotel Garden Palace, Surabaya. Kamis (27/8) malam. demikian keterangan Press MUI diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Kamis.

Kyai Ma’ruf menegaskan, bersama seluruh jajaran pengurus baru MUI,  pihaknya akan bekerja sungguh-sungguh selama kepemimpinannya di MUI 5 tahun ke depan. Diakuinya, struktur pengurus MUI yang baru saja diumumkan agak gemuk karena dibuat untuk merepresantasikan seluruh kelompok.

Untuk mencapai harapan besar ummat pada MUI, kyai Ma’ruf akan melakukan konsolidasi seluruh jajaran MUI dari pusat sampai daerah, agar tidak ada bagian yang tidak hidup dan bekerja. “Supaya kami dapat melaksanakan tanggung jawab kenegaraan maupun keummatan,” ujarnya.

Selanjutnya kyai Ma’ruf mengatakan, sebagai elemen bangsa, MUI akan terus mengawal negara RI ini agar sesuai cita-cita Proklamasi. MUI akan mengawal negara RI dari gangguan-gangguan radikalisme agama maupun radikalisme sekuler, dari ekstremisme kanan atau ekstremisme kiri, juga mengawal negara ini dari separatisme maupun terorisme.

Selain itu, pihaknya akan menjalankan tugas keummatan menjaga umat (himayatul ummah dan ri’ayatul ummah) dari akidah-akidah menyimpang, mengawal ummat ini dari cara berpikir yang menyimpang baik itu datang dari dalam maupun dari luar.

Pihaknya juga bertekad melakukan usaha pemberdayaan umat dalam perbaikan, bukan hanya menjaga yang lama dan mengambil yang baru, Namun juga mengambil yang lebih baik. “Bahkan bukan hanya itu. Kami juga akan melakukan perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih baik secara terus-menerus,” tegas Kyai Ma’ruf.

MUI ke depan akan berusaha lebih baik walaupun tantangan diakuinya lebih besar. “Kami ajak saudara-saudara bekerja bersama-sama menjaga ukhuwah,” tambahnya.

MUI akan berusaha melakukan tauhidul ummat, menyatukan ummat terutama para pemimpinnya. Meskipun di antara mereka terdapat perbedaan satu sama lain, tapi akan coba dikelola dengan baik. “Kita upayakan menekan egoisme kelompok, sehingga kita bisa bekerja bersama”.

Pihaknya akan terus berusaha menjadikan MUI tenda besar umat Islam. “Kita akan berusaha umat Islam berada di dalamn tenda besar itu. Mudah-mudahan tekad yang besar, semangat yang tinggi ini, dapat kita wujudkan dengan sebaik-baiknya selama lima tahun ke depan,” kata kyai Ma’ruf.

Pada akhir sambutannya, Ketua Umum MUI memohon doa agar pihaknya diberi pertolongan dan dimudahkan oleh Allah dalam menjalankan tugas-tugas kebangsaan maupun keummatan di MUI. Terakhir, kyai Ma’ruf menutup seluruh rangkaian kegiatan Munas dengan pembacaan hamdalah. (T/P002/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0