Khamenei: Tindakan Korup AS Penyebab Konflik Kawasan

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani menerima kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani di Teheran pada Ahad, 12 Januari 2020. (Foto: khamenei.ir)

Teheran, MINA – Menerima kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani di Teheran pada Ahad (12/1), Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan “tindakan korup” yang dilakukan Amerika Serikat dan sekutunya adalah penyebab utama konflik saat ini di kawasan itu (Timur Tengah).

Khamenei mendesak negara-negara kawasan meningkatkan kerja sama untuk membatalkan tindakan AS dan sekutunya tersebut.

Ia menggambarkan kondisi saat ini di kawasan itu tidak menguntungkan.

“Alasan di balik situasi ini adalah tindakan korup yang dilakukan oleh Amerika dan sekutunya dan satu-satunya cara untuk menghadapinya adalah dengan mengandalkan kerja sama regional,” katanya, demikian Press TV melaporkan.

Menyoroti kemajuan Iran di berbagai bidang sains dan teknologi, kegiatan berbasis pengetahuan serta utilitas seperti air dan pasokan listrik, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kepada tamunya, Pemerintah Teheran siap untuk mentransfer pengalamannya di bidang itu ke negara Qatar yang ramah dan bersaudara.

Pada gilirannya, Emir Qatar menyatakan sepenuhnya setuju dengan pernyataan Khamenei tentang perlunya peningkatan kerja sama regional.

“Qatar percaya bahwa dialog komprehensif harus diadakan di antara negara-negara regional,” kata Al Thani.

Merujuk pembicaraannya dengan Presiden Rouhani, dia mencatat bahwa kedua belah pihak sepakat bahwa sidang Komisi Bersama Iran-Qatar harus diadakan dalam waktu tiga bulan. Ia menyatakan harapan kedua negara akan meningkatkan tingkat ikatan ekonomi ke tingkat hubungan politik yang sama. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)