KHATIB INGATKAN DUA TUJUAN UTAMA IDUL ADHA

Khatib Muhammadiyah, Ust.H. Suhur Sami’un, saat menyampaikan khutbah di lapangan parkir STIE Muhammadiyah, Sabtu (4/10) (Foto: MINA)
mencapai mencapai Khatib , Ust.H. Suhur Sami’un, saat menyampaikan khutbah di lapangan parkir STIE Muhammadiyah, Sabtu (4/10) (Foto: MINA)

, 10 Dzulhijjah 1435/4 Oktober 2014 (MINA) –  Masyarakat Muslim tidak boleh lupa akan dua tujuan utama pada tiap perayaan hari , kata salah satu khatib shalat hari raya di bilangan Jakarta.

Ia mengatakan tujuan utama Idul Adha adalah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan mencapai tujuan hidup hanya dengan menjalankan perintah Allah dengan ikhlas, di mana kedua hal ini tertuang dalam kisah Nabi Ibrahim yang melahirkan perayaan hari raya kedua umat Islam ini.

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

“Kita tidak boleh lupa dengan dua tujuan ini, jangan merasa sudah banyak sedekah qurban atau mengatakan ‘qurban saya sudah numpuk di akhirat,'” kata Suhur usai mengimami shalat Idul Adha di lapangan parkir STIE Muhammadiyah, Kramat, Jakarta Pusat, Sabtu.

Ia menambahkan, “Kita sebagai manusia adalah makhluk temulia yang diberi akal dan ilmu untuk berfikir dengan membedakan halal dan haram dan diberi ilmu dengan mengamalkan ilmu itu secara benar untuk kemaslahatan hidup manusia.”

“Ilmu yang telah Allah berikan sebagai sarana mendekatkan diri  dengan mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,” tegas Dosen Universitas Muhammadiyah, Jakarta.

Ia juga mengatakan, hewan qurban sebagai sarana untuk berbagi dengan orang lain dan sebagai penghambaan kepada Allah.

Baca Juga:  UMC dan 172 PTMA Se-Indonesia Dukung Palestina

Sebelumnya PP Muhammadiyah berdasarkan hasil hisab, menetapkan 1 Dzulhijjah 1435 Hijriyah jatuh pada Kamis 25 September 2014, Hari Arafah (wukuf) dan puasa Arafah dapat dilakukan pada Jumat 3 Oktober dan Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada Sabtu 4 Oktober.

Ketetapan itu tertulis dalam Maklumat no 02/MLM/I.O/E/2014 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1435 H yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin pada 8 Mei 2014.

Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui sidang isbat 24 September lalu menetapkan Idul Adha 2014 (10 Dzulhijah) jatuh pada Ahad, 5 Oktober. (L/P005/P007/R04/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0