Ki-Moon Katakan Fahami Ketakutan dan Frustrasi Netanyahu dengan Situasi di Gaza

Tel Aviv, 24 Ramadhan 1437/29 Juni 2016 (MINA) – Sekjen PBB, Ban Ki-Moon bertemu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Selasa (28/6) guna membahas kondisi terkini Israel dan Palestina.

Dalam konferensi pers bersama, Netanyahu meminta Ki-Moon menggunakan posisinya di masyarakat internasional untuk membantu menjaga dan mengamankan tentara Israel yang tengah berada di Gaza.

Ki-Moon mengatakan bahwa ia memahami rasa frustrasi dan ketakutan Israel, tetapi ia juga memperingatkan Netanyahu dari bahaya yang akan terjadi jika solusi dua-negara dengan Palestina tidak tercapai, demikian Time of Israel melaporkan.

“Saya mendorong Anda untuk mengambil langkah-langkah berani yang diperlukan untuk mencegah konflik abadi,” katanya.

Menurut Ki-Moon, tidak ada solusi berarti untuk konflik yang sedang terjadi tanpa adanya tekad yang baik dari Palestina maupun Israel yang memiliki koneksi sejarah dan agama tak terbantahkan di negeri itu.

“Tidak ada solusi yang bisa diambil melalui kekerasan. Ini harus didasarkan pada saling menghormati dan pengakuan dari aspirasi yang sah kedua bangsa,” ujarnya.

Usai pertemuan dengan Netanyahu, Ban Ki-Moon mengunjungi sekolah Zaitun yang dikelola oleh Organisasi PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)