Kiper FC Dallas, Maarten Paes Resmi Jadi WNI

Kiper FC Dallas, resmi jadi WNI. (Foto: IG Maarten Paes)

Jakarta, MINA – Kiper asal klub FC Dallas, Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai menjalani pengambilan sumpah di Kemenkumham RI, Jakarta pada Selasa (30/4) pagi.

Kiper naturalisasi baru Timnas Indonesia tersebut saat ini bermain di Liga Amerika Serikat. Ia ternyata memiliki garis keturunan orang Kediri. Kini, ia memegang paspor Indonesia.

Paes sudah menjadi perhatian publik sepakbola Tanah Air sejak akhir tahun lalu seiring meningkatnya gelombang naturalisasi. Nama Paes ramai diperbincangkan kala Jordi Amat, Rafael Struick, atau Shayne Pattynama resmi menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Profil dan Perjalanan Karier Maarten Paes

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, 14 Mei 1998. Ia memiliki darah Merah Putih dari sang nenek yang berasal dari Kota Pare, Kediri, Jawa Timur. Neneknya lahir pada 20 Maret 1940.

Baca Juga:  Ini Hasil Drawing ASEAN Cup 2024

“Maarten Vincent Paes memiliki garis keturunan dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940,” ujar Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI Cahyo Rahadian Muzhar dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Selasa (30/4).

Saat ini, Paes sedang meniti karier di klub FC Dallas yang berlaga di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Perjalanan karier sebagai seorang kiper dimulai saat Paes bergabung dengan akademi VV Union, yang kemudian berlanjut ke NEC Nijmegen pada 2012.

Paes lalu berhasil masuk ke dalam tim U-17 dan U-19 Nijmegen. Kemudian pada 2018, Paes naik ke tim senior saat berusia 18 tahun.
Penampilan Paes di Nijmegen berhasil membuat FC Utrecht merekrutnya dengan kontrak selama empat tahun pada 2018. Debutnya di level tertinggi Liga Belanda terjadi pada 19 Agustus 2018 dalam pertandingan melawan PEC Zwolle.

Baca Juga:  AWG Lampung Gelar Nobar Film Gaza Penakluk Israel

Selama bermain untuk Utrecht, Paes telah mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dengan total 4.264 menit bermain. Dari jumlah tersebut, Paes kebobolan 63 gol dan mencatatkan 12 kali clean sheet.

Performa yang konsisten membawa karier Paes meningkat. FC Dallas meminjam Paes pada Januari 2022. Performa impresifnya membuat klub tersebut mempermanenkan statusnya pada musim panas 2022. Musim ini, Paes telah tampil sebanyak sembilan kali untuk Dallas, kebobolan sebanyak 12 gol, dan mencatatkan clean sheet dalam tiga pertandingan.

Karier di tingkat internasional, Paes pernah membela Timnas Belanda U-19 pada Euro U-19 2016 dan 2017. Selain itu, ia juga pernah bermain untuk Timnas Belanda U-20 dan U-21.

Baca Juga:  BNPB Kirim 16 Ton Logistik untuk Warga Terdampak Erupsi Gunungapi Ibu

Shin Tae-yong pun merekomendasikan Paes menjadi pemain naturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia. Pesepakbola berusia 25 tahun itu sebenarnya direncanakan menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.

Namun, Paes sempat mengalami kendala dalam proses pewarganegaraan karena masalah regulasi FIFA berkaitan dengan perubahan federasi. PSSI kemudian mengajukan banding terkait status Paes kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga pada Maret.

Setelah resmi menjadi WNI, Paes memiliki kesempatan besar memperkuat Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta.

Mi’raj News Agency (MINA)