Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024 Bergulir Dari Sabang

Rana Setiawan Editor : Arif R - Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:13 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:13 WIB

24 Views

Kirab api PON XXI di kabupaten/kota se-Aceh ini, berlangsung mulai 27 Agustus hingga 6 September 2024, dengan start poin dari Kota Sabang, ujung barat Indonesia sebagai titik pengambilan dan pelepasan kirab api PON XXI.(Foto: Humas Pemprov Aceh)

Sabang, MINA – Mengusung konsep “Dari Sabang untuk Indonesia”, kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, resmi bergulir. Dengan semangat yang berkobar, tim pelari kirab api PON selanjutnya akan membawa obor dimaksud secara estafet ke kabupaten/kota Aceh lainnya.

Jadwal kirab api PON XXI di kabupaten/kota se-Aceh ini, berlangsung mulai 27 Agustus hingga 6 September 2024, dengan start poin dari Kota Sabang, ujung barat Indonesia sebagai titik pengambilan dan pelepasan kirab api PON XXI.

Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman mengatakan, di Kota Sabang rangkaian kegiatan dimulai dengan prosesi pengambilan belerang di gunung merapi Jaboi, dilanjutkan dengan prosesi pembakaran belerang pada Lentera Api PON.

Kemudian api dibawa menuju lokasi acara utama di Tugu Sabang-Meurauke, depan Kantor Wali Kota Sabang. Selanjutnya, di lokasi tersebut berlangsung upacara penyerahan obor oleh Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman kepada tim pelari kirab api PON.

Baca Juga: Fadlan Prawira Sukses Pertahankan Medali Emas PON 2024

“Pagi ini kita telah melaksanakan pelepasan kirab api PON dan ini merupakan sejarah bagi kita menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan PON ke-21 Aceh-Sumut 2024. Alhamdulillah walaupun cuaca mendung dan hujan tadi, namun sudah kita upayakan sehingga kirab api PON ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Andri Nourman, Selasa (27/8).

Usai penyerahan obor tersebut, rombongan pembawa obor api menuju ke check point keberangkatan pangkalan TNI AL Sabang, yang selanjutnya menuju ke pelabuhan Balohan dan menyeberang ke Banda Aceh, untuk kemudian menyerahkan obor api PON secara estafet ke Aceh Jaya.

Terkait lokasi, Andri Nourman menjelaskan seluruh kesiapan venue PON di tiga titik lokasi perlombaan sudah mendekati 100 persen. Venue dimaksud diantaranya aeromodelling di Lanud Maimun Saleh (MUS) dan di Lapangan Sabang-Merauke, venue Korfball di Gelanggang Olahraga (GOR) Merah Putih, serta venue selam di Dermaga CT-1 BPKS.

“Ada 4 venue untuk 3 cabor yang dipertandingkan di Kota Sabang, sejauh ini kesiapan sudah mendekati 100 persen semua. Aeromodelling di Lanud Mus dan Stadion Sabang Merauke, ini hampir clear penyiapan tempat untuk pertandingannya,” jelasnya.

Baca Juga: Fenomena Pemain Naturalisasi, Apa Untung dan Ruginya?

Begitu pula cabang olahraga korfball yang dilaksanakan di GOR merah putih juga hampir selesai. Sementara untuk selam laut di CT-1, penyiapan tempatnya berdasarkan informasi dari Dispora Aceh, akan dilaksanakan H-4 perlombaan.

“Terkait dengan akomodasi yang tersedia di Sabang untuk atlet, mudah-mudahan tidak ada permasalahan,” ujarnya.

Pj Wali Kota Sabang menyatakan Sabang sebagai daerah tujuan wisata sangat menyambut PON ke-21, termasuk seluruh atlet yang akan bertanding, official, keluarga dari atlet itu sendiri, maupun tamu lainnya yang akan berkunjung ke Pulau Weh.

“Mudah-mudahan seluruh venue dan seluruh cabor yang dipertandingkan di Sabang dapat berlangsung dengan baik dan berjalan sesuai yang telah direncanakan. Kita juga sangat berharap masyarakat bisa siap dan menerima seluruh pertandingan yang dilaksanakan di Kota Sabang,” pungkasnya.[]

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Lakoni Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
Feature
Indonesia
MINA Sport
MINA Sport
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional