Kisah Remaja Masjid Sukses Jadi Race Director Termuda

Abdullah Faqih atau yang biasa dikenal dengan Superqih jadi race director lomba lari marathon termuda di Indonesia, dengan usia 21 tahun.(Foto: Dok. MINA)

Abdullah Faqih atau yang biasa dikenal dengan Superqih merupakan race director lomba lari marathon termuda di Indonesia. Pada usia 21 tahun, ia sudah memimpin jalannya RSUP Run 6 KM yang dilaksanakan 11 November 2023 untuk menyambut ulang tahun RS persahabatan yang ke-60 tahun.

Berawal dari pelari Remaja Masjid Agung Sunda Kelapa (RISKA) pada 2023 Superqih sudah memulai perjalanan karir di dunia lari hingga berhasil finish Half Marathon di Tugu Muda Semarang pada 19 Mei 2024. Hal ini merupakan capaian yang perlu diacungkan jempol untuk anak muda seperti Superqih.

Acara RSUP RUN 6k ini diikuti oleh 500 peserta dari kalangan pemuda sampai lansia. Acara ini juga diikuti oleh bapak/ibu pejabat Menteri Kesehatan RI. Sebagai hiburan, RSUP Persahabatan juga mengundang Nidji untuk memeriahkan ulang tahun rumah sakit yang sudah berdiri sejak 1963 itu.

Pria kelahiran Jakarta 8 Juni 2002 ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA), yang membuat diri jadi jatuh cinta dengan lari karena ditunjuk jadi ketua Run for Ramadhan 2023, sehingga diri perlu belajar banyak tentang lari dan sekarang menjadi aktivis sehari- harinya.

Setiap perlombaan lari marathon memiliki race director yang akan mengatur jalannya perlombaan, mulai dari awal hingga akhir acara. Peran race director sangat besar karena mereka akan menjadi penanggung jawab di dalam setiap pelaksanaan sport event.

Hal-hal teknis yang berhubungan dengan sport event, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit, akan diatur oleh race director. Race director yang akan menentukan kategori lari, peraturan lomba di masing-masing kategori, menentukan kategori umur bagi pelari, kriteria apa saja yang harus dipenuhi bagi pelari, hingga pengaturan perlombaan di hari pelaksanaan.

Mereka juga yang buat timeless agar satu pelari dengan pelari lainnya tidak tabrakan di tengah jalan, Mengatur alurnya agar tidak tabrakan.

Sebelum memulai perlombaan, race director juga memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada peserta terkait detail perlombaannya. Seluruh informasi akan diberikan langsung kepada para peserta melalui jaringan pribadi atau melalui website khusus yang dibuat tim penyelenggara acara.

Selain aktif di Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA), Faqih juga aktif sebagai Pengurus Prima DMI DKI Jakarta sebagai Wakil Direktur Prima Kolaborasi yang mewadahi kegiatan silaturahmi, digitalisasi serta penyaluran minat bakat hobi olahraga dan seni.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi