KJRI Jeddah Gelar Lapak Warung Indonesia bagi Jamaah Haji di Mekkah

Konjen RI Jeddah saat meninjau Warung Indonesia yang menjajakan aneka produk Indonesia.(Foto: KJRI Jeddah)

, MINA — Tim Promosi Ekonomi Terpadu (Prometer) Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah dengan menggandeng pihak ketiga menggelar lapak yang diberi nama “Warung Indonesia” untuk melayani jamaah haji.

dalam ketrangan yang diterima MINA, Selasa (28/6), Warung Indonesia hadir di empat tower satu kompleks pemondokan terbesar Jamaah Haji Indonesia di Mekkah, tepatnya di Al Kiswah Towers Hotel Makkah.

Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono yang mengunjungi lapak itu bersama Tim Prometer sempat mencicipi hidangan bakso.

Warung Indonesia dikelola oleh seorang diaspora berwarga negara Arab Saudi dengan harga yang superhemat. Tujuannya bukan semata mengejar keuntungan, tetapi membantu jamaah dan sekaligus memperkenalkan berbagai produk makanan dan minuman yang telah beredar di pasar Arab Saudi.

Al Kiswah Towers Hotel Makkah sengaja dipilih sebagai lokasi Warung Indonesia karena memiliki kapasitas tampung tamu yang cukup besar. Hotel yang berjarak sekitar 1,8 km dari Masjidil Haram ini terdiri dari empat tower, masing-masing berkapasitas 5 ribu jamaah.

Selain bakso dan santapan ringan lainnya, tersaji pula seperti bakwan, bolu kukus, kembang goyang, tempe mendoan, tahu isi dan aneka jajanan lainnya.

Tersaji pula di Warung Indonesia aneka produk makanan dan minuman kemasan, di antaranya mie instan, teh dan kopi, hingga obat ringan asal Indonesia dengan harga yang relatif lebih murah karena disuplai langsung oleh para importir.

“Jadi jemaah tak perlu repot-repot keluar hotel, pergi ke toko atau apotek. Pegal-pegal, linu atau masuk angin, tinggal mampir ke Warung Indonesia,” ujar Konjen Eko saat meninjau warung tersebut, Kamis lalu (23/6).

“Inisiatif ini selain sebagai ajang promosi, juga salah satu terobosan untuk menyerap produk-produk kita di pasar Arab Saudi,” imbuh Konjen RI Jeddah itu.

Ia menambahkan, KJRI Jeddah akan terus berikhtiar memanfaatkan semua peluang, termasuk musim haji, untuk memperluas peredaran produk-, sekaligus mempromosikan kuliner nusantara di Arab Saudi.

Asim Garout, Warga Negara Arab Saudi, dipercaya untuk mengelola warung tersebut. Selain karena fasih berbahasa Indonesia, mantan manajer sejumlah hotel bintang lima di Kota Suci Mekkah ini, saat ini mengelola sejumlah restoran yang menyajikan masakan Indonesia.

Diungkapkan Asim, Warung Indonesia dibuka di empat tower untuk memudahkan jemaah memperoleh kebutuhan yang mereka cari.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.