KKN STAI Al-Fatah Gelar Pengenalan Jurnalistik Bagi Muslimah di Banjarnegara

Banjarnegara, 21 Ramadhan 1437/26 Juni 2016 (MINA) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, mengadakan acara pengenalan dasar di Masjid At-Taqwa, Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (26/6).

Pengenalan dasar jurnalistik ini, bukan hanya sekedar program KKN, namun juga bertujuan untuk mengakomodir minat dan potensi menulis para Fatayat ( Muda) Banjarnegara.

Acara ini dihadiri oleh 28 Fatayat dari beberapa Dusun yang berada di Desa Gumelem Kulon dan Desa Gumelem Wetan.

Salah satu mahasiswa KKN Rohullah Fauziah Alhakim, yang juga adalah wartawati Mi’raj Islamic News Agency (MINA), selaku pengisi materi mengatakan, menulis adalah salah satu cara kita berdakwah, karena berdakwah tidak hanya dengan lisan.

“Tulisan, misalnya artikel yang kita buat kemudian dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat. insya Allah, itu sudah termasuk dalam dakwah,” tuturnya.

Materi yang disampaikan saat pengenalan jurnalistik, terdiri atas pengertian jurnalistik, pengertian berita, jenis-jenis berita, kode etik jurnalistik, dan empat sifat dasar nabi yang harus dimiliki wartawan Muslim.

“Kami menyampaikan materi dari apa yang telah kami dapat selama kuliah serta saat pelatihan-pelatihan jurnalistik yang pernah kami ikuti di MINA,” ujar Fauziah.

Ia menjelaskan, untuk menindaklanjuti acara ini, tim KKN membentuk kelompok peserta untuk membuat mading yang berisi tulisan-tulisan Islami, dan akan terbit setiap satu pekan sekali dan akan ditempel di papan informasi Masjid Al-Fatah, Desa Gumelem Kulon.

“Kami berharap, apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan mampu menggali minat dan potensi menulis para Muslimah di Desa ini. Dan semoga Mading ini terus berlanjut terbit meskipun nanti setelah kami selesai KKN di Banjarnegara,” ujarnya. (L/P006/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.