Klasemen Piala Asia 2023 Usai Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 1-0

Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Vietnam pada Piala Asia 2023, di Doha, Qatar. (Foto: AFC Asian Cup)

Doha, Qatar, MINA – naik peringkat usai meraih kemenangan atas Vietnam. Kemenangan ini juga menjaga harapan Tim Garuda untuk lolos ke babak 16 besar .

Timnas Indonesia baru saja menghadapi Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1) malam WIB di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar. Hasilnya Indonesia berhasil menang 1-0 atas Vietnam.

Gol kemenangan skuad Garuda dicetak sang kapten, Asnawi Mangkualam pada menit ke-42 melalui tendangan penalti.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia naik ke posisi tiga Grup D Piala Asia 2023 dengan tiga angka. Sementara Vietnam menempati posisi juru kunci dengan nol poin. Timnas Indonesia terpaut tiga poin dari Irak di puncak klasemen Grup D Piala Asia 2023.

Sementara dengan Jepang di posisi dua, koleksi poin Timnas Indonesia sama persis. Jepang berhak berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Timnas Indonesia, yakni +1 berbanding -1.

Kemenangan ini membuka peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sebab, bukan hanya juara dan runner-up grup, ada juga empat tim peringkat tiga terbaik yang diizinkan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Ada enam tim yang akan finis di peringkat tiga pada masing-masing grup (A-F). Nantinya, empat tim teratas di klasemen peringkat tiga terbaik, berhak lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Berdasarkan klasemen peringkat 3 terbaik saat ini, Timnas Indonesia berada di puncak dengan tiga angka. Timnas Indonesia unggul dua poin dari Suriah, Tajikistan dan Palestina di posisi dua, tiga dan empat.

Sejauh ini, baik Timnas Indonesia, Suriah Tajikistan dan Palestina sama-sama telah memainkan dua laga. Kemudian, di posisi lima dan enam ada Oman dan Bahrain yang belum mengemas poin (baru memainkan satu laga).

Melihat kondisi sekarang, Timnas Indonesia berada di atas angin untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 semakin besar jika minimal bermain imbang saat bersua Jepang di matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu, 24 Januari 2024 malam WIB.

Sebab, koleksi empat angka sudah menggaransi Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 via peringkat tiga terbaik. Sekarang satu harapannya, Timnas Indonesia dapat melaju ke fase gugur. (L/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.