KOALISI ARAB UMUMKAN JEDA SERANGAN UDARA DI YAMAN

Koalisi Arab mengatakan pasukannya akan menanggapi setiap pelanggaran jeda kemanusiaan oleh pejuang Houthi. (Foto: AFP)
mengatakan pasukannya akan menanggapi setiap pelanggaran jeda kemanusiaan oleh pejuang . (Foto: AFP)

Riyadh, 10 Syawal 1436/26 Juli 2015 (MINA) – Pasukan koalisi Arab telah mengumumkan jeda kampanye militer selama lima hari di , untuk memudahkan menyalurkan , menurut kantor berita Arab Saudi SPA.

Penghentian serangan udara pada Ahad (26/7) akan memungkinkan bantuan kemanusiaan segera dikirim ke negara Semenanjung Arab itu.

Namun demikian pernyataan itu juga menyatakan, pasukan koalisi akan menanggapi setiap pelanggaran jeda oleh oposisi bersenjata Houthi Yaman, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

SPA melaporkan, keputusan itu diambil atas permintaan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi yang hingga kini berlindung di Riyadh, ibukota Arab Saudi, bersama pejabat jajaran pemerintahannya.

Ibukota kedua telah dikendalikan oleh pendukung Hadi, setelah empat bulan perang melawan pemberontak Houthi. Pemerintah ingin jeda agar bantuan kemanusiaan dan medis dapat dikirim dan didistribusikan dalam jumlah maksimum.

Dua masa gencatan senjata sebelumnya yang ditengahi oleh PBB gagal dipatuhi oleh pemberontak dan koalisi.

PBB telah menyatakan Yaman sebagai negara ketiga berskala paling darurat kemanusiaan.

Menurut angka PBB, lebih 3.200 orang telah tewas sejak akhir Maret, ketika koalisi Arab memulai serangan udara setelah Houthi mengambil alih kekuasaan di negara itu. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0