Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Bom Penjara di Yaman

Rudi Hendrik - Sabtu, 22 Januari 2022 - 21:56 WIB

Sabtu, 22 Januari 2022 - 21:56 WIB

2 Views

Jet tempur Arab Saudi. (AP)

Riyadh, MINA – Koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah membantah laporan bahwa mereka mengebom sebuah penjara di kota Saada, Yaman utara, ketika PBB mengutuk serangan udara koalisi yang mematikan di negara itu.

Seorang pejabat dari kelompok pemberontak Houthi Yaman dan badan amal medis Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) mengatakan pada Jumat (21/1), puluhan orang tewas dalam pengeboman fajar di sebuah pusat penahanan sementara di kota utara.

Houthi merilis rekaman yang menunjukkan petugas penyelamat menarik mayat dari puing-puing, Al Jazeera melaporkan.

Menteri Kesehatan pemerintah Houthi, Taha al-Motawakel, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa 70 tahanan telah tewas.

Baca Juga: Dituduh Selundupkan Senjata, Mesir: Netanyahu Bohong

Al-Motawakel menuduh koalisi pimpinan Saudi sengaja menargetkan warga sipil.

“Kami menganggap ini sebagai kejahatan perang terhadap kemanusiaan. Dunia harus bertanggung jawab pada saat kritis dalam sejarah manusia ini,” katanya.

Seorang juru bicara MSF mengatakan, jumlah korban tewas sedikitnya 70 orang dan 138 lainnya terluka.

Koalisi yang dipimpin Saudi membantah melakukan serangan itu.

Baca Juga: Warga Turki Tuntut Pengusiran Kapal Perang AS yang Berlabuh di Wilayahnya

“Koalisi akan memberi tahu Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Yaman dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) tentang fakta dan detailnya,” kata kantor berita resmi SPA pada Sabtu (22/1), mengutip juru bicara koalisi.

Dia mengatakan, target di Saada tidak termasuk dalam daftar yang disepakati dengan OCHA, tidak dilaporkan oleh ICRC dan tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh Konvensi Jenewa ketiga (Konvensi Jenewa Relatif terhadap Perlakuan terhadap Tawanan Perang).

Al-Malki mengatakan, koalisi akan berbagi dengan kedua lembaga “fakta dan rincian, serta informasi yang salah media” oleh Houthi tentang fasilitas tersebut.

Delapan lembaga bantuan yang beroperasi di Yaman mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa “mengerikan dengan berita bahwa lebih dari 70 orang, termasuk migran, wanita dan anak-anak, telah tewas … dalam pengabaian terang-terangan terhadap kehidupan sipil.”

Baca Juga: Intelektual Aljazair Cap Israel ‘Produk Kolonialisme Barat’

Selama sepekan terakhir, Koalisi telah mengintensifkan pengeboman udara pada apa yang dikatakannya sebagai target militer yang terkait dengan Houthi, setelah pada Senin (17/1) kelompok itu melakukan serangan pesawat tak berawak yang belum pernah terjadi sebelumnya di Uni Emirat Arab (UEA), yang merupakan bagian dari Koalisi

Kelompok Houthi Yaman yang memerangi koalisi pimpinan Saudi juga berada di balik serangan rudal lintas batas dan pesawat tak berawak di Arab Saudi. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Presiden Iran: Negara-Negara Harus Bersatu untuk Akhiri Genosida Israel

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Dunia Islam
Palestina
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia