Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kolaborasi Indonesia-Saudi Akan Bangun Islamic Center di Batam

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 30 Juli 2024 - 20:13 WIB

Selasa, 30 Juli 2024 - 20:13 WIB

22 Views

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi bertemu pada hari Senin (29/7/2024) di Kantor Kemenko Perekonomian. [Foto: Kemenko Perekonomian RI]

Jakarta, MINA – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berkolaborasi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi berencana akan membangun pusat keislaman (Islamic Center) di Batam, Kepulauan Riau.

Pembangunan Islamic Center itu merupakan bagian dari kesepakatan rencana penguatan kerja sama dalam bidang ekonomi antara kedua negara.

Dalam pertemuannya dengan Dubes Faisal, Menko Airlangga mengatakan, pemerintah telah menyiapkan lahan minimal 15 hektare di Batam, yang di atasnya kemudian bisa dibangun fasilitas publik. Faisal lalu menanggapi rencana itu dengan tangan terbuka.

“Sudah disiapkan lahan di Batam, bisa segera dibangun masjid dan Islamic center serta monumen yang ikonik,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Selasa (30/7).

Baca Juga: Ribuan Massa Hadiri Pemakaman Aktivis Turkiye-AS

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Faisal dikabarkan akan segera mengunjungi Batam untuk melihat lahan yang disediakan.

Di samping itu, ia juga akan menyaksikan perkembangan pembangunan dan potensi kerja sama ekonomi di pulau tetangga Singapura itu.

Dalam pertemuan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta pada Senin (29/7) itu, Airlangga dan Dubes Faisal juga membahas secara luas kerja sama di bidang ekonomi dan investasi.

Masing-masing memandang perlunya Indonesia dan Arab Saudi untuk lebih fokus pada kedua aspek tersebut.

Baca Juga: OKI Desak Masyarakat Internasional Hentikan Perang di Gaza

Arab Saudi mempunyai Visi 2030, dan Indonesia juga mempunyai visi ke depan Indonesia Emas 2045 sehingga perlu ide-ide baru untuk penguatan hubungan kerja sama ekonomi dengan Arab Saudi,” kata Faisal.

Selain kerja sama bidang ekonomi dan investasi, dalam kesempatan itu pula, Airlangga dan Faisal juga membahas soal pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Sebab, momen tahunan itu turut menggerakkan roda perekonomian.

“Orang Indonesia yang melaksanakan ibadah haji dan umrah setiap tahun sekitar 1,4 juta orang. Kalau spending-nya rata-rata lima ribu dolar AS saja, maka devisanya 7 miliar dolar AS. Karena itu, Saudi juga perlu investasi yang lebih besar di Indonesia,” ujar Airlangga.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hampir 60% Siswa Muslim di New York Alami Perundungan di Sekolah

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Timur Tengah
Internasional
Dunia Islam
Indonesia