Komandan Hizbul Mujahideen Paling Dicari di Kashmir Ditangkap

Polisi dan tentara India di jalan raya dekat Mirbazar, distrik Kulgam, Kashmir selatan, Sabtu, 11 Januari 2020. (Foto: dok. PTI)

Kulgam, MINA – Salah satu komandan kelompok pejuang Hizbul Mujahideen di Kashmir, Syed Naveed Baba, ditangkap polisi India dalam penyergapan di distrik Kulgam, Kashmir selatan.

Seorang pejabat yang tidak bersedia namanya disebutkan mengatakan, operasi gabungan polisi dan tentara di jalan raya nasional dekat Mirbazar pada Sabtu (11/1) menyergap pertemuan rahasia dua pejuang Hizbul dengan seorang Wakil Kepala Polisi (DSP).

Polisi mencegat kendaraan milik DSP dan menangkap dua pejuang dan menemukan lima granat.

“Dua senapan AK-47 ditemukan dalam penggeledahan berikutnya di kediaman perwira,” kata pejabat itu, demikian Hindustan Times melaporkan.

Ini adalah pertama kalinya seorang perwira polisi senior ditangkap bersama para pejuang.

Menurut polisi Komndan Naveed Baba terlibat dalam pembunuhan dan serangan terhadap pengemudi truk dan penduduk setempat.

Baba bergabung dengan militansi pada 2017 dan kepalanya diiming-imingi hadiah. Poster-posternya juga diedarkan di Kashmir selatan setelah serangan.

Baba berasal dari Nazneenpora distrik Shopian. Menurut polisi ia seorang ahli IED. Adapun pejuang lain yang bersamanya diidentifikasi bernama Asif Rather.

Menurut laporan Hindustan Times baru-baru ini, pemerintah telah diperingatkan oleh badan-badan keamanan tentang kemungkinan lonjakan kekerasan di J&K setelah pertemuan Satuan Tugas Aksi Keuangan berakhir.

Musim panas ini, setidaknya 700 kompi pasukan paramiliter kemungkinan besar akan ditempatkan di Jammu dan Kashmir. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)