Komandan Senior Hizbullah Tewas di Aleppo Suriah

Anak-anak Lebanon membawa bendera gerakan Hizbullah Lebanon. (Foto: dok. Logsoku.com)
Anak-anak Lebanon membawa bendera gerakan Hizbullah Lebanon. (Foto: dok. Logsoku.com)

Beirut, 19 Jumadil Awwal 1437/27 Februari 2016 (MINA) – Seorang komandan militer senior Hizbullah tewas dalam pertempuran di provinsi Aleppo, utara .

Laporan media di Beirut ibokota Lebanon pada Jumat (26/2) memberitakan, Ali Fayyad alias “Alaa from Bosnia” telah tewas dalam pertempuran dengan oposisi Suriah di pedesaan Aleppo. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pertempuran terjadi sebelum gencatan di Suriah dimulai pada Jumat tengah malam.

Menurut laporan, Fayyad diketahui telah “merencanakan, mengawasi dan memimpin” bagian penting dari pengepungan terhadap wilayah oposisi di Ghouta, Damaskus Timur.

Dia juga memainkan peran kunci dalam perebutan Shebaa, kota strategis yang terletak di jalan menuju bandara internasional Damaskus.

“Fayyad juga memimpin operasi militer mengepung kelompok oposisi Suriah dan mengisolasi mereka di selatan ibukota Suriah, setelah memukul mundur mereka menjauh dari area kuil (Syiah) Sayyida Zeinab,” kata laporan itu.

Taktik militernya juga memainkan peran penting dalam menghentikan kemajuan oposisi Suriah menuju pantai.

Hizbullah sendiri telah mengerahkan sedikitnya 6.000 militan untuk berjuang bersama pasukan Presiden Suriah Bashar Al-Assad melawan oposisi, Al-Qaeda dan ISIS. Sekitar 1.000 anggota Hizbullah telah tewas di Suriah sejak awal konflik pada 2011.

Kelompok ini berdalih, intervensinya di Suriah diperlukan untuk melindungi negara dari kelompok-kelompok militan di Suriah dan untuk mencegah jatuhnya Suriah ke tangan musuh. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)