Komandan Tinggi Houthi Tewas oleh Serangan Udara di Yaman

Sanaa, 4 Ramadhan 1437/9 Juni 2016 (MINA) – Komandan tinggi Houthi Taha Mahtouri tewas oleh serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di Provinsi Hajjah, barat laut pada Rabu (8/6).

Sumber lokal Yaman dan sumber pro-pemerintah mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Mahtouri tewas dalam serangan di daerah Provinsi Al-Jar dekat perbatasan Saudi.

Sumber tersebut mengatakan, Mahtouri adalah komandan berpangkat tinggi kedua Houthi di Provinsi Hajjah dan memiliki hubungan dekat dengan Iran.

Yaman telah dilanda oleh kekacauan perang saudara sejak 2014, ketika kelompok Houthi dan sekutunya menyerbu ibukota Sanaa dan beberapa wilayah lainnya, memaksa Presiden Abd-Rabbuh Mansour Hadi dan pemerintahannya untuk sementara mengungsi ke Riyadh.

Pada Maret tahun lalu, Arab Saudi dan sekutu negara Arabnya meluncurkan kampanye militer besar-besaran di Yaman yang bertujuan memukul mundur Houthi dan memulihkan pemerintah Presiden Hadi.

Pada April lalu, pemerintah Yaman dan Houthi mengadakan pembicaraan damai yang ditengahi PBB, bertujuan untuk menyelesaikan konflik yang telah menewaskan sekitar 6.400 warga Yaman, setengah dari mereka warga sipil dan memaksa sekitar 2,5 juta mengungsi. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.