Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kominfo Ajak Generasi Muda Tumbuhkan Budaya Malu Sebar Hoax

Rana Setiawan - Kamis, 18 Mei 2017 - 04:13 WIB

Kamis, 18 Mei 2017 - 04:13 WIB

250 Views

Kominfo.jpg" alt="" width="1600" height="930" /> (Foto: InfoPublik)

Jakarta, 20 Sya’ban 1438/17 Mei 2017 (MINA) – Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bidang Hukum Henri Subiakto mengajak para generasi muda untuk menumbuhkan budaya malu sebar hoax dengan menerapkan gerakan Saring Sebelum Sharing (Berbagi), yakni mencari kebenaran dari sebuah isu atau berita sebelum menyebarkannya.

“Diharapkan dengan menjalankan budaya dan gerakan tersebut, dapat menekan munculnya media abal-abal yang mencari keuntungan dengan menyebarkan berita hoax,” katanya pada Seminar Hari Kebangkitan Nasional di Gedung STOVIA, Jakarta, Rabu (17/5).

Henri melanjutkan, untuk menghadapi hoax atau berita bohong generasi muda harus bijak dalam menggunakan teknologi informasi, demikian laporan InfoPublik.

Menurutnya orang menggunakan telepon genggam, sebagian besar hanya sekilas dan melihat cepat. “Jarang yang membaca detail mencari kebenaran. Belum dibaca sudah di-share duluan, sehingga orang tidak bisa membedakan mana fakta mana hoax,” ujar Henri.

Baca Juga: Menteri LHK Minta Warga Waspada Karhutla Selamanya

Hoax atau informasi bohong belakangan ini banyak beredar melalui dunia maya atau pesan berantai. Masyarakat pun harus melakukan cek dan ricek informasi yang diterima sebelum menyebarkannya pada orang lain, apakah berupa berita sesungguhnya atau hoax.

Selain memblokir situs-situs yang dianggap menyebarkan berita hoax, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberantas berita hoax dengan menggandeng beberapa perusahaan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang cukup berpotensi digunakan menyebarkan berita hoax. (T/R01/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga: JK di Reuni Akbar KBPII: Penguatan Lembaga Kunci Keberlanjutan

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia