Komite Palestina: Pemukim Yahudi Picu Konflik yang Meluas

Amman, MINA – Komite Palestina di Parlemen Yordania mengecam penyerbuan ratusan pemukim Yahudi di halaman Masjid Al-Aqsa, dengan mengatakan bahwa hal itu “berkontribusi pada konflik yang meluas.”

Komite Palestina mengatakan, “Penyerbuan para ekstremis, yang jumlahnya lebih dari 172, bersama dengan sejumlah anggota ektsremis Yahudi Gunung Bait, berkontribusi untuk memperluas jurang konflik dan meningkatkan ketegangan yang ada.”

Komite menambahkan “serbuan adalah pelanggaran terang-terangan perasaan Muslim, dan menambah pelanggaran yang telah dilakukan terhadap pendudukan Palestina.” Quds Press melaporkan, Ahad (31/5).

Komite tersebut juga menyatakan kemarahannya yang mendalam terhadap pelanggaran yang terjadi di bawah penjagaan ketat polisi Israel dan pasukan pendudukan.

Mereka menyerukan kepada komunitas internasional, organisasi-organisasi hak asasi manusia dan institusi-institusi parlementer untuk memberikan tekanan pada otoritas pendudukan untuk menghentikan pelanggarannya.

Ratusan pemukim Yahudi menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa, pada Ahad, beberapa jam setelah dibuka kembali.

Departemen Wakaf Islam di Yerusalem membuka pintu Masjid Al-Aqsa mulai Ahad Subuh setelah ditutup sekitar dua bulan karena wabah virus Corona. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)