KOMPETISI SAINS ANTARMADRASAH 3-7 AGUSTUS 2015 DI PALEMBANG

Konferensi Pers Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015, Jakarta, Rabu (29/7). (kemenag)
Konferensi Pers Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015, Jakarta, Rabu (29/7). (kemenag)

Jakarta, 14 Syawal 1436/30 Juli 2015 (MINA) – Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional tahun 2015 di Palembang, Sumatera Selatan.

Kompetisi tersebut akan berlangsung selama lima hari yaitu 3 – 7 Agustus mendatang. Selain Kompetisi Sains Madrasah (KSM), digelar juga Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) antar Madrasah.

Para peserta yang nantinya akan berkompetisi merupakan siswa juara pertama tingkat provinsi yang diikuti 363 siswa madrasah yaitu, tingkat madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), dan madrasah aliyah (MA) dengan materi yang dilombakan matematika, IPA, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Rencana tersebut disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam, M. Nur Kholis Setiawan dalam kesempatan jumpa pers di kantor Kementerian Agama Jakarta, Rabu (29/7).

“Mereka yang dikirim pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ini sudah terseleksi di provinsi masing-masing, sehingga mereka ini mewakili provinsinya,” katanya, yang dipublikasikan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency).

Ia berharap kompetisi itu menjadi ajang adu kemampuan di bidang akademik maupun nonakademik yang bisa memberikan kesempatan bagi siswa madrasah untuk berprestasi dalam bidangnya masing-masing.

“Kompetisi sains ini bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah agar terus meningkatkan kemampuan intelektualnya, bahkan bisa melahirkan siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” tambah Nur Kholis.

Tahun lalu KSM 2014 diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, kompetisi yang akan diadakan di Palembang tahun ini merupakan kompetisi yang keempat setelah sebelumnya Bandung, Malang, serta Makassar sudah terselenggara. (T/roy/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0