Kompetisi Sepak Bola Gala Siswa Tingkat Nasional Dimulai

Jakarta, MINA – Kompetisi sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2019 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat nasional dimulai hari ini, Selasa (8/10) di Stadion Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pembukaan kompetisi ini ditandai dengan tendangan pertama oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk unjuk prestasi, unjuk kehebatan,” kata Mendikbud saat memberi sambutan dan arahanan kepada peserta GSI tahun 2019.

GSI dimulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupatan/kota, kemudian tingkat provinsi. Adapun GSI tahun 2019 yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia akan berlangsung pada 8-20 Oktober 2019.

Alhamdulillah tahun ini 34 provinsi ikut bersama-sama kita, walaupun ada beberapa provinsi yang mengalami musibah. Sekali lagi pesan saya jaga suportifitas junjung tinggi kejuaraan, bermainlah dengan cerdas, tunjukkan bahwa anak-anak SMP Indonesia bisa diandalkan bermain sepak bola,” tambahnya.

GSI diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai wujud pelaksanaan program Nawacita Presiden Joko Widodo yakni revolusi mental melalui olah raga, dan juga sebagai wujud nyata menuju percepatan pembangunan persepakbolaan nasional sebagaimana arahan Presiden para rapat terbatas tanggal 24 Januari 2017.

Di samping itu, Sekertaris Jendral Kemendikbud Didik Suhardi menjelaskan, GSI tahun 2019 dimulai tingkat kecamatan yang diikuti 2.524 kecamatan, dengan pertandingan sebanyak 3.517 kali, kemudian yang lolos bertanding ke tingkat kabupaten/kota yaitu 268 dengan pertandingan 1.351 kali. Lalu yang lolos kemudian maju di babak provinsi yaitu sebanyak 335 kali.

“Jumlah sekolah yang terlibat GSI 2019 adalah 11.723 sekolah dengan melibatkan 122.979 siswa,” kata.

GSI tahun 2018 lalu juara pertama diraih oleh provinsi Jawa Timur (Jatim), kemudian siswa yang juara tersebut mendapat kesempatan dilatih di kandang klub sepak bola Juventus Italia bertemu dengan Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Untuk GSI 2019 ini, Mendikbud juga akan memberikan kesempatan yang sama kepada pemenang pertama untuk dilatih oleh klub terbaik luar negeri antara klub Asia, maupun Eropa. Namun untuk pastinya sedang dalam negosiasi. (L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)