Komunitas Muslim Indonesia di Australia Gelar Pengajian Tarhib Ramadhan 1444H

Tarhib Ramadhan 1444H yang digelar Ashabul Kahfi Islamic Centre (AKIC) di Ampitheatre Wiley Park, Sydney, Australia, Sabtu (11/3/2023).(Foto: AKIC)

Sydney, MINA – Komunitas muslim Indonesia di Sydney, , melalui Ashabul Kahfi Islamic Centre () menggelar pengajian “Tarhib Ramadhan” dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M.

Tarhib Ramadhan 1444 H yang diadakan di Ampitheatre Wiley Park, Sydney, Sabtu (11/3), diisi ceramah yang disampaikan Ustaz TM Ziyad Al-Khalidi, yang merupakan alumni pertama AKIC dan Islamic University of Madinah yang baru saja kembali ke Australia.

Dalam ceramahnya Ustaz Ziyad menyampaikan berbagai kemulian dalam bulan Ramadhan.

Puasa yang dilakukan selama satu bulan penuh, memiliki keistimewaan tersendiri. Berbeda dengan ibadah yang lain, ibadah puasa yang dilakukan oleh seorang Muslim akan langsung mendapat penilaian dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar Ustaz Ziyad.

Setelah ceramah Tarhib, dilanjutkan dengan mengupdate perkembangan pembangunan gedung AKIC oleh Nurhakim sebagai Project Manager.

Kemudian menyampaikan program dan aktivitas-aktivitas selama Ramadan, termasuk pelaksanaan tarawih, pesantren kilat dan safari Dakwah AKIC selama bulan Ramadhan 144H dan lainnya, yang disampaikan oleh Teuku Aulia Cempaka yang bertindak sebagai MC.

Dalam acara ini juga diperkenalkan pengurus Yayasan Ashabul Kahfi Islamic Centre (AKIC) Sydney yang baru untuk periode 2023-2026 oleh Dr. Teuku Chalidin Yacob sebagai pendiri.

Pengurus eksekutif terdiri dari Adhiya Indradi, Firdaus Muis, dan Teuku Aulia Gempana.

Pengurus ini dilengkapi dengan tiga orang sekretaris masing-masing Adi Budianto, TM Ziyad Al-Khalidi dan Amier Aye. Juga terdapat tiga orang bendahara yakni Hakim Nurhakim, Masnawi Noor dan Topan Erlangga.

Dr. Chalidin Yacob selaku Pendiri Ashabul Kahfi yang juga salah satu anggota eksekutif dari ANIC untuk wilayah Sydney (setara dengan Majelis Ulama Indonesia) mengatakan, kehadiran AKIC sebagai wadah atau perkumpulan umat Islam Indonesia untuk meningkatkan silaturrahim dan memperkuat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa yang ada di Australia.

Ashabul Kahfi Islamic Centre (AKIC) Sydney ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan edukasi dan budaya yang sesuai dengan ajaran Islam dan memperlihatkan keindahan agama Islam ke dalam masyarakat Sydney dan sekitarnya yang mayoritas nonMuslim.

Saat ini, sebagian besar kegiatan yang diadakan, dilaksanakan di tiga lokasi yakni Sekolah Punchbowl Public School, Padstow Senior Citizen centre dan mushalla Ashabul Kahfi; dua rumah sederhana yang beralamatkan di 10-11 Edget st, Wiley Park, NSW.

Sudah menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia, jelang datangnya bulan suci Ramadhan senantiasa menyambutnya dengan penuh suka cita. Mengingat Ramadhan adalah bulan yang mulia yang selalu dinanti-nantikan orang yang beriman. Setiap umat Islam senantiasa berdoa agar dapat menjalani Ramadhan dengan penuh kegembiraan.

Tradisi menyambut bulan suci Ramadhan kali ini juga menyebar kepada umat Islam Indonesia yang berada di Australia, terutama yang ada di Kota Sydney, Negara Bagian New South Wales. Di kota ini terdapat ribuan umat Islam diaspora Indonesia dengan latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda, dari Sabang sampai Merauke.(L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.