Komunitas Palestina di New Jersey City Rayakan Penggantian Nama Jalan Menjadi ‘Palestine Way’

New Jersey, MINA – Lingkungan Paterson Selatan di US Paterson City, New Jersey, menggelar perayaan awal pekan ini, menyusul penggantian nama bagian lima blok Main Street menjadi “Palestine Way” (Jalan Palestina).

Dewan Kota memberikan suara bulat bulan lalu untuk mengganti nama jalan, sebagai penghormatan kepada komunitas besar Palestina di kota itu dan kontribusinya terhadap kehidupan sipil dan bisnis, seperti Apotek Yerusalem setempat, Nablus Sweets, dan Palestine Hair Salon, MEMO melaporkan, Rabu (18/5).

Pusat Komunitas Amerika Palestina menyelenggarakan festival jalanan yang semarak di sepanjang Main Street untuk merayakan acara tersebut, yang terdiri dari pertunjukan dabke, penyanyi langsung, dan penjual yang menjual thobe tradisional Palestina.

Hari itu juga bertepatan Hari Nakba, memperingati pembersihan etnis 750.000 warga Palestina dari rumah mereka, dengan berdirinya Israel pada tahun 1948.

Walikota Paterson, Andre Sayegh, mengatakan, “Palestina adalah orang Amerika yang bangga. Orang Palestina adalah orang Amerika yang produktif. Orang Palestina memberikan kontribusi yang tak terhitung jumlahnya kepada komunitas kami setiap hari di Amerika Serikat.”

Anggota masyarakat mengatakan hal itu menunjukkan kebanggaan, tetapi juga mengirimkan pesan perlawanan.

Menurut Rania Mustafa, Direktur Eksekutif Pusat Komunitas Amerika Palestina, keputusan untuk mengganti nama jalan itu bertujuan untuk memerangi penghapusan identitas Palestina.

“Kami melihatnya sebagai kemenangan simbolis; kami membuat orang mengakui bahwa Palestina ada, bahwa ini adalah kontribusi yang telah dibuat oleh komunitas Palestina, dan mengakuinya dalam kapasitas resmi dan permanen,” katanya. (T/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.