Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Komunitas Pemuda Sukabumi Pegiat Literasi Gelar Pelatihan Menulis Artikel Pemula

Rana Setiawan - Ahad, 24 Juli 2022 - 19:41 WIB

Ahad, 24 Juli 2022 - 19:41 WIB

12 Views

Sukabumi, MINA – Komunitas pemuda Sukabumi yang aktif dalam kegiatan literasi baca tulis menyelenggarakan Pelatihan Menulis Artikel Tingkat Pemula di Rumah Baca Ibnu Komar (RBIK) Cijangkar, Nanggeleng, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (24/7).

Pelatihan yang diikuti 19 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, karyawan dan asatidz terselenggara atas kerjasama komunitas Laskar Literasi, Rumah Baca Ibnu Komar (RBIK), Media Dakwah Islam (MDI), Yayasan Anazia Idris Islandar (AI), Syubban Fatayat Niyabah Sukabumi dan Kantor Berita MINA dengan mengangkat tema “Bersama Membangkitkan Budaya Literasi Kaum Milenial”.

Pemateri Pelatihan, Ali Farkhan Tsani dalam pemaparannya menekankan, budaya literasi baca dan tulis sangat memungkinkan dikembangkan di kalangan generasi milenial pada era digital saat ini.

“Ketersediaan berbagai sumber bacaan di dunia maya sangat memudahkan para penulis pemula generasi muda mengakses berbagai referensi dalam menulis berbagai hal. Tinggal sebagai penulis harus rajin membaca, memilih dan menuangkannya ke dalam tulisan secara baik, benar, tanpa hujatan, ujaran kebencian dan tanpa fitnah,” ujar Ali Farkhan, yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA itu.

Baca Juga: [BEDAH BERITA MINA] Malam Ini Bahas Krisis Gaza, Bagaimana Peran Dunia

Ia menambahkan, tentu para penulis pemula juga harus memahami teknik menulis dengan baik, mulai dari mencari tema yang inspiratif, logika bahasa, kronologi alur tulisan dan diksi yang variatif.

“Yang jelas menulis itu mudah, menyenangkan dan dapat menjadi amal shalih. Apalagi kemudian tulisan kita memberikan manfaat dan solusi atas suatu masalah bagi pembaca,” lanjut Penulis isu-isu kepalestinaan dan dunia Islam itu.

Ia juga memberikan tutorial Teknik Menulis Artikel, sesi diskusi dan praktik menulis di akhir pelatihan.

Kelanjutan dari pelatihan, peserta tergabung dalam group mentoring penulisan, yang akan mendapatkan bimbingan menulis artikel secara online dan berkala melalui vasilitas virtual zoom, dengan target masing-masing dapat menulis artikel yang dimuat di media, dan dalam jangka tiga bulan ke depan akan diterbitkan dalam bentuk Buku Kumpulan Penulis Pemula.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Jumat Ini Cerah Berawan

Para peserta juga secara rutin akan menjadi pembaca setia media online minanews.net untuk mengakses perkembangan terkini Palestina dan dunia Islam, serta artikel-artikel berkualitas dari para penulis andal. (L/RS2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Anies Baswedan Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Indonesia