KOMUNITAS RUMAH JERAMI BANTU PALESTINA LEWAT SENI

Komunitas Rumah Jerami jual kaos untuk Palestina (Gambar: Rumah Jerami)
Rumah Jerami jual kaos untuk (Gambar: Rumah Jerami)

Jakarta, 28 Syawwal 1435/24 Agustus 2014 (MINA) – Sekelompok yang tergabung dalam Komunitas Rumah Jerami di Kecamatan Gunung Putri, Bogor, melakukan berbagai kreasi seni untuk menggalang buat rakyat Palestina.

“Kami punya konsep agar anak-anak muda di Rumah Jerami menciptakan ide-ide yang bisa memberi daya tarik sehingga dapat mengumpulkan donasi,” kata Wirya Adi Kurniawan, Ketua Rumah Jerami, kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) saat menyalurkan donasi yang mereka kumpulkan, Sabtu malam (23/8) melalui lembaga kemanusiaan MER-C, Jakarta.

Wirya mengatakan, dalam setiap acara yang diadakan selalu disisipkan penggalangan donasi, dan ternyata hal itu menarik simpati teman-teman muda lainnya untuk bergabung bersama komunitas yang berasal dari kampung Kedep tersebut.

“Kami bergerak di bidang seni, tapi sifatnya sosial,” tambahnya.

Menurut Sekretaris Rumah Jerami, Teguh Wibowo, komunitas itu terbentuk seiring berkumpulnya para anak muda Kampung Kedep Gunung Putri dalam melaksanakan acara 17 Agustus tahun ini.

“Berawal dari inisiatif para pemuda Kampung Kedep, ketika kami share di Twitter, ternyata pemuda desa sebelah tertarik untuk bergabung,” kata Teguh.

Adapun ketergerakan penggalangan donasi untuk Gaza, kata Teguh, berawal ketika ada teman yang menjual kaos untuk donasi ke Jalur Gaza.

“Sedangkan di kalangan kami masih pada muda dan banyak yang menekuni bidang desain dan kami sering membuat kaos untuk kalangan sendiri dan band-band musik. Lalu kami berpikir untuk membuat kreasi yang bisa turut membantu rakyat Palestina,” ujarnya.

Untuk menarik donasi, Rumah Jerami mengadakan acara musik dan lainnya serta menciptakan ide-ide kreatif.

“Hasil penjualan kaos bertema Gaza kemudian akan disumbangkan ke Jalur Gaza,” tambah Teguh.

Wirya mengungkapkan, komunitas-nya berencana mengadakan acara yang kedua, yang akan lebih banyak menampilkan pagelaran seni anak muda dan merangkul berbagai pihak. “Dan dalam acara, akan tetap disisipkan acara penggalangan dana untuk Palestina,” tambahnya. (L/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0