KOMUNITAS YAHUDI ADAKAN IFTAR UNTUK MUSLIM DI TURKI

d2aad9e9-fd86-41c8-a8fd-2eba8e853465Ankara, 14 Ramadhan 1436/1 Juli 2015 (MINA) – Komunitas Yahudi Turki baru-baru ini mengadakan Iftar untuk ratusan Muslim awal pekan ini sebagai bentuk apresiasi untuk pemulihan Synagogue Edirne yang baru-baru ini dibuka kembali.

Kepala komunitas Yahudi Turki İshak İbrahim Zadeh mengatakan, pihaknya mengundang 700 orang untuk berbuka puasa untuk mengucapkan rasa terima kasih.

“Kami berpikir bahwa cara yang paling nyaman untuk berterima kasih kepada orang-orang di Edirne adalah berbagi makanan buka puasa dengan mereka,”kata Zadeh.

“Kami sangat berterima kasih kepada mereka semua,  karena Kami kembali ke Edirne dan menemukan rumah yang lebih indah daripada sebelumnya, ” katanya  Seperti dilaporkan International Islamic News Agency dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Kontroversi sempat mengemuka setelah Gubernur Edirne, Dursun Ali Şahin mengatakan tidak akan membuka rumah ibadah Yahudi sebelum dihentikannya serangan Israel ke Masjid Al Aqsa di Al Quds Timur.

Sahin kemudian mengeluarkan permintaan maaf, bahwa peristiwa di Al Quds tidak terkait dengan orang Yahudi di Turki.

Sinagog Edirne dibangun pada 1907. Tempat tersebut merupakan model kuil Leopoldstadter seperti di Wina, menurut Hurriyet Daily, tempat itu merupakan rumah ibadat terbesar kedua di Eropa. (T/Imt/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0