KONDISI KEMANUSIAAN DI GAZA MAKIN PARAH, PBB SERU PENDONOR PENUHI JANJI

PBB Serukan Pendonor Memenuhi Janji mereka untuk Gaza (Foto : Memo)
PBB Serukan Pendonor Memenuhi Janji mereka untuk Gaza (Foto : Memo)

New York, 5 Rajab 1436/25 April 2015 (MINA) – Direktur Badan Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Robert Turner  Sabtu (25/4), meminta negara / lembaga yang telah menyatakan komitmennya untuk rekonstruksi Jalur Gaza,  agar segera melaksanakan komitmennya.

Turner mengatakan, di Brussels, Sabtu,  dia frustrasi oleh kurangnya perhatian para donor atas janji bantuan mereka yang dibuat dalam KTT di Kairo tentang rekonstruksi Gaza beberapa waktu yang lalu.

“Saya di Brussels membicarakan situasi ini, tidak hanya demi rakyat Gaza, namun juga dengan alasan kemanusiaan, untuk mengatasi  situasi buruk yang terus berlanjut sampai sekarang, hampir setahun setelah perang terakhir di Gaza,” katanya. Middle East Monitor (MEMO) melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Turner menegaskan, situasi di Gaza ditandai dengan kelaparan karena dua pertiga penduduk Gaza bergantung pada bantuan pangan, frustrasi, penderitaan dan bencana keluarga-keluarga yang tak lagi mempunyai rumah tempat tinggal dan  anak-anak yang tak dapat bersekolah karena gedung sekolah masih belum ada.

Turner mengungkapkan, serangan Israel di Gaza tidak hanya menghancurkan ribuan rumah dan sekolah, tetapi juga pusat-pusat kesehatan dan infrastruktur yang berdampak negatif perekonomian Gaza dan menghancurkan semuanya.

Keadaan ini diperparah lagi oleh blokade Israel yang sudah berlangsung selama delapan tahun, sebab juga menjadi penyebab terhalang masuknya bahan-bahan bangunan untuk rekonstruksi, masuk ke Gaza.

“Sumbangan untuk Gaza tidak hanya untuk membangun apa yang telah hancur sebelumnya, tapi juga untuk membuat rencana masa depan yang lebih baik bagi rakyat Palestina,” tambahnya.

Pejabat senior PBB itu menegaskan, situasi kemanusiaan di Gaza tidak dapat dipisahkan dari situasi politik dan bahwa keduanya berhubungan erat satu sama lain.

Turner menyatakan, sangat penting untuk menemukan solusi politik atas konflik tersebut dan berharap serbuan Israel tahun  2014 lalu adalah  perang terakhir di Gaza. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

https://www.middleeastmonitor.com/news/americas/18257-unrwa-chief-calls-for-donors-to-fulfil-their-gaza-pledges

Comments: 0