Konferensi Istanbul : Palestina Menyapa Dunia

Istanbul, MINA –  Forum Informasi dan Komunikasi Internasional Palestina (FKIP) kembali menyelenggarakan Konferensi ke-3 untuk Media Internasional dengan mengambil tema “Palestina Menyapa Dunia”, Sabtu (17/11) di kota Istanbul, Turki.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Konferensi Istanbul Hisyam Qasem mengatakan, Konferensi ketiga ini akan berfokus pada menggali cara dan sarana untuk menghadirkan wacana pentingnya kemitraan antar media Palestina kepada dunia. 

“Dalam konferensi ketiga ini kita terus mengupayakan kemampuan media Palestina untuk menyajikan narasi yang koheren dengan pendekatan yang membahas nilai nilai kemanusiaan sehingga dapat mempengaruhi opini publik internasional,” ujar Hisyam dalam pembukaan konferensi tersebut. 

Konferensi yang diselenggarakan pada 17-18 November ini dihadiri oleh 800 wartawan dari 90 negara terdiri atas profesional media, penulis, editor surat kabar, direktur stasiun radio dan stasiun televisi, koresponden, fotografer, artis dan sutradara, intelektual senior, tokoh media dan akademisi.

Kantor Berita MINA turut hadir sebagai undangan dalam konferensi ini sebagai media yang dinilai fokus menyuarakan keadilan dan kemerdekaan Palestina.

Forum Komunikasi dan Informasi Internasional Palestina menyelenggarakan dua konferensi sebelumnya di Istanbul, yang pertama pada tahun 2014 dan yang kedua pada tahun 2016, dengan partisipasi jurnalis, penulis, seniman dan pemimpin media dari seluruh dunia Arab.

Forum ini adalah badan media independen yang mendukung perjuangan Palestina untuk berkoordinasi dan bekerja sama di antara institusi media Palestina untuk menghadapi media Israel.(L/RA-1/RS3) 

Mi’raj News Agency (MINA)