Kongres AS Akan Sumbang 150 Juta Dolar Bantuan untuk Palestina

Washington, MINA – Para pemimpin Kongres Amerika Serikat (AS) akan menyumbang  150 juta Dolar AS untuk Palestina di Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem Timur pada tahun depan, setelah dua tahun administrasi Trump memotong semua bantuan untuk Palestina.

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan pada Rabu (18/12), pendanaan yang akan menjadi bagian dari bantuan tahun depan untuk Palestina disetujui oleh kedua pemimpin Partai Demokrat dan Republik di Kongres AS, demikian MEMO melaporkan.

Kesepakatan anggaran termasuk  75 juta Dolar AS bantuan untuk pasukan keamanan Otoritas Palestina, dan 75 juta lainnya untuk mendukung program lembaga sipil serta kemanusiaan yang kehilangan dana pada 2018, sebagai akibat dari pemotongan administrasi oleh Trump.

AS sebelumnya adalah salah satu donor terbesar bagi pengungsi Palestina. Negara itu menyediakan hingga setengah miliar dolar per tahun melalui Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), yang menyediakan dana pendidikan, tempat tinggal dan dukungan bagi jutaan Pengungsi Palestina. Namun, mereka telah menarik dana itu dua tahun lalu, suatu langkah yang juga didorong oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (T/Ais/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)