Kongres AS Hentikan Jual Senjata ke Arab Saudi

Washington, MINA – Kongres Amerika Serikat (AS) pada hari Rabu (17/7) sepakat untuk memblokir $ 8,1 miliar kesepakatan senjata ke Arab Saudi dan sekutu AS lainnya.

Kesepakatan Kongres AS itu menjadi pukulan berat bagi Presiden Donald Trump, yang kemungkinan akan memveto resolusi tersebut, seperti dikutip kantor berita Arabi 21.

Banyak dari anggota Kongres AS marah terhadap kerajaan Arab Saudi, karena peran Riyadh dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi tahun lalu. Kongres AS mengeluarkan serangkaian resolusi yang melarang perjanjian senjata kontroversial karena langkah-langkah darurat yang akan melewati persetujuan kongres.

Keputusan untuk melarang penjualan senjata telah melewati Senat dan akan dikirim ke Gedung Putih, tempat Trump diperkirakan akan menghadapi veto presiden ketiga sejak ia menjabat.

Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober, di dalam konsulat Saudi di Istanbul, dalam kasus yang mengguncang opini publik internasional dan memicu kecaman luas hingga hari ini.

Beberapa pekan lalu, Komisi Hak Asasi Manusia PBB menerbitkan laporan setebal 101 halaman oleh Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi di Luar Pengadilan, di mana Arab Saudi mengklaim pembunuhan Khashoggi.

Pelapor PBB mengkonfirmasi keberadaan bukti yang kredibel yang membutuhkan penyelidikan dengan pejabat senior Saudi, termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman. (T/B05/RS3)

M’raj News Agency  (MINA)