Konsentrator Oksigen untuk COVID-19 Sumbangan Jepang Tiba di Jakarta

(Sumber: Japanese Station)

Jakarta, MINA – Pemerintah Jepang melalui kerja sama dengan United Nations Office for Project Services (UNOPS) telah mengirimkan kembali sebanyak 450 Konsentrator Oksigen yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, pada Rabu (1//9).

Menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, bantuan ini merupakan bagian dari 2.800 konsentrator oksigen yang diadakan dengan menggunakan skema bantuan hibah darurat senilai 5,6 juta dolar (81,4 miliar rupiah) yang telah diumumkan pada 20 Juli lalu.

Bersama dengan 500 konsentrator oksigen yang telah diberikan oleh Jepang pada Ahad (29/8) lalu, secara total 950 buah telah tiba di Indonesia.

“Bantuan ini untuk mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang. Jepang akan terus mendukung upaya Indonesia dalam menekan penularan dan mengatasi pandemi COVID-19,” kata Kedubes Jepang.

Selain bantuan alat kesehatan, pemerintah Jepang juga telah memberikan 2,1 juta dosis vaksin COVID-19 bagi Indonesia melalui mekanisme berbagi dosis (dose-sharing).

Vaksin COVID-19 AstraZeneca itu dikirim dua kali yaitu sebanyak 998.400 dosis pada 1 Juli 2021 dan sisanya 1.162.840 dosis pada 15 Juli 2021.

Pengiriman bantuan vaksin dari Jepang merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang, yang berfokus pada isu dose-sharing vaksin.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji berharap vaksin tersebut dapat membantu Indonesia menekan laju penularan COVID-19 serta mempererat kemitraan antara kedua negara.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.