Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Konsisten Dukung Palestina, AWG Gelar Peringatan Hari Nakba ke-75

sri astuti - Kamis, 18 Mei 2023 - 14:38 WIB

Kamis, 18 Mei 2023 - 14:38 WIB

13 Views

Bekasi, MINA – Sebagai wujud konsistensinya membela rakyat Palestina dan perjuangan pembebasan Masjid Al Aqsa, Aqsa Working Group (AWG) menggelar seminar dalam rangka peringatan hari Nakba ke-75.

Seminar bertajuk “Peringatan Hari Nakba, Momentum Gaungkan Dukungan Atas Nestapa Bangsa Palestina Akibat Penjajahan Zionis Israel” digelar pada Kamis, 18 Mei 2023, di Aula Munif Chatib, Sekolah Insan Mandiri Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Hadir dalam acara ini Duta Besar Palestina untuk Indonesia HE Zuhair Al Shun hadir sebagai pembicara kunci bersama para narasumber dari dalam dan luar Negeri (secara online), yakni Atallah Hanna (Uskup Agung Gereja Yerusalem), Issa Amro (Advokat & Aktifis Palestina), dr. Sarbini Abdul Murad (Ketua Presidium MER-C), Muhammad Sahrul Murajab (Fungsional Diplomat Madya di Direktorat Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI), Dr. Abdul Muta’ali (Akademisi Dosen FIB UI), dan A. Syalabi Ichsan (Redaktur Republika).

Acara ditutup dengan doa yang disampaikan Pembina Utama AWG Syaikh Yakhsyallah Mansur.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

“Hari ini kita mengenang sebuah peristiwa bersejarah kekejaman penjajah zionis Israel terhadap rakyat Palestina. Hari ini 75 tahun yang lalu, dunia mencatat dalam sejarah peringatannya bahwa sebuah gerakan zionisme internasional melakukan pembersihan etnis Palestina,” kata Ketua Presidium AWG Nur Ikhwan dalam sambutannya.

“Hingga saat ini, Nakba masih terus terjadi, kita bisa saksikan sendiri, bagaimana penggusuran tanah warga Palestina, dengan membangun pemukiman ilegal di Tepi Barat, pembantaian terhadap warga Palestina, baik di Tepi Barat maupun di Jalur Gaza masih terus terjadi, sepekan yang lalu 35 warga Gaza harus meregang nyawa akibat diserang oleh Yahudi zionis,” ujarnya.

Untuk itu ia mengaku, peringatan Nakbah ke-75 ini merupakan momentum yang tepat untuk bersama-sama melakukan gugatan terhadap entitas ilegal zionis Israel di Palestina. Karena pemilik sah tanah Palestina adalah bangsa Palestina yang sudah ribuan tahun tinggal di tanah itu.

Pada kesempatan itu, ia juga bersyukur, meski situasi politik berubah, namun Indonesia tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dan menolak Israel sebagai sebuah negara.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Pada tanggal 15 Mei, setiap tahunnya rakyat Palestina memperingati hari Nakba, yang merupakan peringatan peristiwa pengusiran Bangsa Palestina di tahun 1948 oleh Zionis Israel dan hingga saat ini para pengungsi Palestina belum dapat kembali ke tanah air mereka. (L/R7/RS2)

 

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Indonesia
Palestina