Konsul Kehormatan RI di Ramallah Akan Diresmikan 18 Maret Mendatang

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir. (Foto: Nidiya/MINA)
Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir. (Foto: Nidiya/MINA)

Jakarta, 10 Jumadil Awwal 1437/18 Februari 2016 (MINA) – Dalam menunjukkan keseriusan Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina, pemerintah akan meresmikan konsulat kehormatan di Ramallah pada 18 Maret 2016.

“Konsulat kehormatan Indonesia di Ramallah akan diresmikan pada 18 Maret ini. Pejabat konsul kehormatan telah ditetapkan yaitu seorang wanita asal Ramallah, Maha Abu Susheh,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI A.M. Fachir kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Gedung Kemlu, Jakarta, Kamis (18/2).

Fachir menegaskan, konsulat kehormatan tersebut akan diresmikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. marsudi.

Nantinya Konsul Kehormatan RI tersebut akan berfungsi untuk membantu Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengalami masalah di wilayah tersebut, serta memberikan masukan mengenai kerjasama ekonomi dengan berkooordinasi dengan Perwakilan Indonesia lainnya.

Indonesia juga sebelumnya mendukung keanggotaan Palestina di UNESCO. Di samping itu, dukungan Indonesia untuk Palestina bisa terlihat dari terselenggaranya konferensi mengenai permasalahan Yerusalem (Al-Quds) yang berlangsung pertengahan Desember 2015.

Indonesia juga terus melakukan pembangunan kapasitas dengan bantuan sebesar US$ 100 juta serta berpartisipasi dalam Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) Ke-3.(L/P008/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agencu (MINA)