KONSULAT KEHORMATAN INDONESIA DI PALESTINA DIRESMIKAN AWAL TAHUN INI

Foto: Rina/MINA
Foto: Rina/MINA

Jakarta, 27 Rabi’ul Awwal 1437/7 Januari 2015 – Dalam rangka menunjukkan keseriusan Indonesia mendukung kemerdekaan , pemerintah akan meresmikan konsulat kehormatan di pada awal tahun ini.

“Pejabat telah ditetapkan dan akan diresmikan pada awal 2016,” kata Menlu LP Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Kementerian Luar Negeri () yang berlangsung di ruang Nusantara Kemlu di Jakarta, Kamis.

Pada akhir Desember 2015, nama konsul kehormatan sudah ditetapkan pemerintah namun belum dipublikasikan. Hari ini, kemlu mengumumkan konsul kehormatan adalah seorang wanita asal Ramallah, Maha Abu Susheh.

Seusai pernyataan pers, Jubir Kemlu Armanatha Nasir mengatakan kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), meskipun  sudah ditetapkan awal tahun ini, namun pemerintah belum menetapkan kepastian peresmiannya.

“Kita masih melakukan prosesnya, karena perizinan ke sana tidak mudah,” kata pria yang akrab dipanggil itu.

Dalam laporannya, Retno menegaskan dukungan Indonesia dan internasional yang semakin menguat untuk mencapai Palestina merdeka. “Isu di mana Indonesia tidak akan pernah mundur untuk mendukung adalah isu Palestina,” tambah Retno.

Indonesia juga sebelumnya mendukung keanggotaan Palestina di UNESCO. Di samping itu, dukungan Indonesia untuk Palestina bisa terlihat dari terselenggaranya konferensi mengenai permasalahan Yerusalem (Al-Quds) yang berlangsung pertengahan Desember 2015.

“RI juga terus melakukan capacity building dengan bantuan sebesar US$ 100 juta serta berpartisipasi dalam Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke-3,” tegas Retno. (L/P008/R04/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.