Konsumsi Ikan Masyarakat Indonesia Naik Tiap Tahun

Ilustrasi: menangkap ikan. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, MINA – Dirjen Penguatan Daya Saing Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo mengatakan, kemampuan masyarakat mengonsumsi ikan meningkat tiap tahunnya.

“Konsumsi masyarakat terhadap ikan meningkat,” ujar Nilanto saat diskusi bertema “Kedaulatan Laut dan Industri Perikanan” yang digelar Forum Merdeka Barat di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (19/1).

Nilanto menjelaskan beberapa penyebab meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap ikan, di antaranya persebaran ikan yang semakin merata ke pelosok, harga ikan yang semakin terjangkau, dan juga kemampuan dari masyarakat itu sendiri untuk membeli ikan.

“Saya pikir itu beberapa penyebab meningkatnya daya beli masyarakat terhadap ikan,” katanya.

Ia mengungkapkan, konsumsi ikan per tahun dari tahun 2012 meningkat dari 33,89 kg per kapita per tahun menjadi 43,94 kg per kapita per tahun 2017 atau naik 29,65 persen.

Berdasarkan data BPS yang diolah Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP), pada periode Januariā€“November 2016-2017, nilai ekspor produk perikanan naik 8,12 persen dari 3,78 miliar dolar AS pada 2016 menjadi 4,09 miliar dolar AS pada 2017. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)