Kontingen Kompetensi Sains Madrasah Nasional Tiba di Bengkulu

Bengkulu, MINA – Jelang pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018, sejumlah kontingen dari beberapa provinsi mulai tiba di Bumi Raflesia. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018 di Provinsi Bengkulu dijadwalkan akan di buka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (25/9) pagi.

“Alhamdulillah sampai pukul 16.25 WIB, sudah ada delapan provinsi tiba di Bengkulu. Mereka kontingen dari provinsi Bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumut, Sulteng, Maluku dan Aceh,” ujar Fakhrurrozi, salah seorang panitia daerah yang mendampingi kontingen Aceh, Ahad (23/9), sebagaimana laporan Kemenag.

Gelaran tahunan madrasah ini, akan dilaksanakan mulai tanggal 24 – 29 September mendatang dan diikuti 528 siswa madrasah yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

“Menurut informasi dari panitia penyambutan tamu, malam ini juga akan tiba sejumlah kontingen dari provinsi lainnya,” sambung Fakhrurrozi.

Kedatangan rombongan dari berbagai provinsi itu disambut hangat panitia KSM daerah di Bandara Fatmawati dengan memberikan pengalungan bunga kepada ketua kontingen.

“Selamat datang di Bumi Raflesia tamu kami, selamat datang di Kota Bengkulu,” ujar salah seorang panitia melalui mikrofon di areal penyambutan Bandara Fatmawati, Bengkulu.

Suasana Bandara Fatmawati memang terlihat semarak. Tak hanya tampak muda-mudi berpakaian khas Bengkulu dengan untaian bunga di tangan, menanti para kontingen. Baliho dan umbul-umbul KSM Nasional 2018 pun tampat terpasang di areal Bandara.

Memasuki jalan raya Provinsi Bengkulu, suasana semarak KSM Nasional 2018 makin terasa. Tampak baliho dan spanduk KSM Nasional 2018 berjejer di sepanjang jalan, menunjukkan tanda kesiapan Bumi Raflesia menyambut tamu. Kondisi jalan raya pun lebih padat dari biasanya, karena banyaknya kontingen yang akan hadir di dalam event tahunan madrasah ini.

Berdasarkan data panitia KSM Nasional, diperkirakan sekitar 1.000 orang akan menghadiri pembukaan KSM Nasional 2018 yang akan diselenggarakan di Gedung Gunung Bungkuk, Provinsi Bengkulu.

“Hari ini jalan lebih padat, mungkin tamu dari berbagai Provinsi telah tiba disini,” ujar salah seorang masyarakat Bengkulu di seputaran tempat pembukaan KSM Nasional 2018.

Kakanwil Kemenag Aceh, H. M Daud Pakeh mengapresiasi kesiapan panitia dalam menyambut tamu kontingen KSM di Provinsi Bengkulu, baik itu sambutan seremonial maupun LO (liasion officer).

“InsyaAllah, seluruh kontingen Aceh akan tiba ba’da Magrib, karena keterbatasan jadwal penerbangan, jadi tidak bisa satu pesawat semuanya,” ujar Daud Pakeh.(R/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)