Kontingen Santri Jawa Barat Juara Umum Pospenas 2019

Bandung, MINA – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII 2019 resmi berakhir dengan ditutup langsung oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid di Gedung Youth Center, Komplek SPORT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat  malam, 29 November 2019.

Kontingen santri Provinsi berhasil meraih gelar ajang silaturahmi dan perlombaan cabang olahraga dan seni kaum santri pondok pesantren yang digelar tiga tahunan tersebut. Demikian laporan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (30/11)

Pada klasemen akhir Pospenas VIII, kontingen santri Jabar tidak tergoyahkan di puncak dengan total 30 medali yang terdiri dari 16 medali emas, 7 perak, dan 7 perunggu. Raihan medali emas Jawa Barat jauh mengungguli kontingen santri Banten yang mengumpulkan 12 medali emas dengan 10 perak, dan 8 perunggu.

Jawa Timur menempati posisi ketiga dengan raihan 10 medali emas, 14 perak, dan 16 perunggu. Jawa Tengah berada di peringkat empat dengan 7 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu. Kontingen santri Sumatera Utara menempati peringkat kelima dengan 4 medali emas, 10 perak, dan 4 perunggu.

“Selamat untuk seluruh santri yang sudah bertanding dengan menjunjung semangat persaudaraan dan sportivitas tinggi pada setiap cabang olahraga maupun perlombaan seni. Sebagaimana amanat Pak Menteri Agama, dunia pendidikan pesantren sangat penting dalam pembentukan karakter baik sebagai anggota masyarakat maupun karakter sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan,” kata Zainut.

“Pondok pesantren yang keberadaannya berbasiskan tradisi menjadi benteng dalam menghadapi segala bentuk ancaman budaya dari luar terhadap budaya lokal. Melalui event ini, diharapkan semangat untuk berkontribusi membangun bangsa demi tegaknya NKRI terus digelorakan,” tambahnya.

Sebagai juara umum, kontingen santri Jabar meraih Piala Bergilir Pospenas. Trofi tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid kepada Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Daud Achmad bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Ahmad Buchori, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar Engkus Sutisna.

Mewakili Gubernur Jabar dan juga secara pribadi saya ucapkan selamat untuk kontingen santri Jawa Barat. Dalam waktu sebulan ini, Jabar berhasil meraih sejumlah penghargaan olahraga seperti Pekan Olahraga Nasional KORPRI XIV, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV, dan sekarang juara umum Pospenas. Semoga rangkaian pencapaian membanggakan ini menambah motivasi Jabar untuk kembali menjadi juara umum PON,” kata Daud Achmad. (R/LM/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)