Indonesia Terima Penghargaan UNESCAP dan UNOSSC

​​​, MINA – Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi,  mewakili , menerima penghargaan dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and Pacific (UNESCAP) dan United Nations Office for South-South Cooperation (UNOSSC) atas kontribusi dan capaian Indonesia di bidang Kerja Sama -Selatan dan Triangular.

Penghargaan tersebut diberikan kepada negara-negara yang dipandang telah berkontribusi besar di bidang Kerja Sama Selatan-Selatan di kawasan Asia Pasifik dalam rangka hari peringatan “Regional Commemoration of the United Nations Day for South-South Cooperation” di Bangkok, Rabu (12/9).

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang undangan yang terdiri dari korps diplomatik, badan PBB, organisasi internasional, kalangan pemuda, dan media setempat.

​“Komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam Kerja Sama Selatan-Selatan sangat kuat. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada hasil kerja Indonesia,” kata Duta Besar Ahmad Rusdi dalam sambutannya.

Dikatakan, penghargaan ini sekaligus merupakan bukti nyata apresiasi masyarakat internasional atas peran Indonesia di bidang Kerja Sama Selatan-Selatan. Sejak Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung tahun 1955, Indonesia aktif menerapkan kerja sama pembangunan dengan sesama negara berkembang (Kerja Sama Selatan-Selatan).

Program bantuan Indonesia dalam kerangka KSS meliputi manajemen penanggulangan bencana, peternakan dan pertanian, pendidikan, solusi konflik dan perdamaian, pengembangan demokrasi, dan pengembangan ekonomi.

​Dalam kurun waktu 1999 hingga 2017, Pemerintah Indonesia telah melaksanakan sekurangnya 648 program bantuan KSS yang diikuti oleh peserta dari negara di kawasan Asia Pasifik, Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan dan lain sebagainya.(R/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.