Koordinasi Mesir-Yordania Soal Pertukaran Tahanan Palestina dengan Israel

(Ilustrasi: Istimewa)

Kairo, MINA – Melalui bantuan pihak ketiga, dan terus berkoordinasi soal permasalahan , sebagaimana dilaporkan Al-Araby Al-Jadeed dan MEMO, Ahad (1/1).

Pertukaran tahanan potensial antara perlawanan Palestina di dan berada di puncak agenda Mesir-Yordania.

Sumber tersebut mengungkapkan, Mesir dan Yordania mengharapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi satu-satunya pemimpin Israel yang dapat mengambil keputusan dramatis yang dapat dilihat oleh publik Israel sebagai “mengejutkan”.

Sebuah sumber Barat mengatakan kepada Al-Araby Al-Jadeed, masalah pertukaran tahanan antara dan Israel akan segera muncul ke permukaan.

Sumber tersebut mengaitkan hal ini dengan fakta bahwa Netanyahu berharap memperkenalkan dirinya kepada Israel dengan kemenangan rakyat yang diwakili dalam pembebasan empat tentara Israel yang ditangkap oleh Hamas.

Baca Juga:  UMC dan 172 PTMA Se-Indonesia Dukung Palestina

Mesir dan Yordania telah bekerja untuk memecahkan masalah ini, yang tiga kali gagal mencapai pertukaran tahanan di masa lalu, Al-Araby Al-Jadeed melaporkannya, mencatat kegigihan Hamas dalam membebaskan dari hukuman yang berat.

Informasi yang diperoleh Al-Araby Al-Jadeed menunjukkan, Mesir dan Yordania memiliki proposal awal untuk isu ini – kemungkinan mendeportasi tahanan Palestina yang dibebaskan ke Yordania atau negara ketiga untuk dipilih di kemudian hari.

Al-Araby Al-Jadeed menyatakan, pembicaraan mengenai hal ini sedang berlangsung, terbatas pada kalangan resmi di kedua negara Arab tersebut.

Pada hari Rabu lalu, Hamas membantah laporan Israel bahwa telah ada kemajuan dalam masalah pertukaran tahanan tetapi berjanji untuk terus mengerahkan upaya membebaskan tahanan Palestina dari penjara Israel. (T/R1/P1)

Baca Juga:  Puisi Penyair Gayo untuk Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.